IKLAN YARA

Pilu, Maryati Harap Adiknya Bukan Korban Kebakaran Lapas Tanggerang

oleh -50.489 views
Pilu, Maryati Harap Adiknya Bukan Korban Kebakaran Lapas Tanggerang
Maryati, keluarga korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Sejumlah keluarga korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang mendatangi Pos Antemortem Tim DVI Polri yang berada di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/9/2021) kemarin.

Mereka datang membawa berkas antemortem berupa data diri keluarganya yang diduga menjadi korban dalam insiden kebakaran hebat, yang merenggut 41 nyawa narapidana di lapas yang disebut “over capacity” tersebut. 

Sri Maryati Ulfa, keluarga korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, tiba di Pos Antemortem Tim DVI Polri di RS Polri sekira pukul 16.00 WIB. 

Maryati, panggilan akrabnya, membawa sebuah ransel berisikan data diri adiknya yang bernama Marzuki alias Kinoy, yang merupakan penghuni Blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang. 

BACA JUGA :   Tambang Pasir Ilegal di Batas Roteng, Panbar Berpotensi Munculkan Konflik

“Kedatangan saya kesini untuk memastikan jenazah itu benar enggak, soalnya terdata adik saya ada di situ. Nama adik saya Marzuki alias Kinoy. Dia ditahan di Blok C2, Lapas Tangerang yang terbakar itu,” katanya kepada wartawan, Rabu kemarin.

Di balik masker dan kupluk warna hitam yang dikenakannya, Maryati tidak bisa menutupi kesedihan.

Saat menunggu giliran memberikan berkas antemortem adiknya kepada Tim DVI Polri, kerap kali Maryati tertunduk lesu dan sesekali berlinang air mata.

“Saya bawa foto dia (Marzuki alias Kinoy) dan KK (Kartu Keluarga) ke sini untuk memastikan,” ucap Maryati sembari menahan tangis.

BACA JUGA :   Tambang Pasir Ilegal di Batas Roteng, Panbar Berpotensi Munculkan Konflik

Maryati mengaku mendapatkan informasi tentang kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang dari YouTube. 

Setelah memperoleh informasi tersebut, Maryati lekas menyambangi lapas tersebut bersama orang tuanya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Maryati dari petugas Lapas Kelas 1 Tangerang, nama Marzuki alias Kinoy ada dalam daftar 41 narapidana yang meninggal dunia. 

“Dari data saja ada nama-namanya (daftar korban meninggal dunia dalam kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang), termasuk ada nama adik saya. Lalu saya disuruh ke sini sama polisinya,” cerita Maryati.

Maryati mengaku telah mengirimkan berkas berupa KTP, foto, serta KK Marzuki alias Kinoy ke Crisis Center Lapas Kelas 1 Tangerang.

“Tadi sudah diserahkan (KTP, KK, serta foto), dikirim ke email Crisis Center. Itu sudah musibah, Marzuki punya anak 1,” katanya. 

BACA JUGA :   Tambang Pasir Ilegal di Batas Roteng, Panbar Berpotensi Munculkan Konflik

Kendati telah melihat bahwa nama Marzuki alias Kinoy ada di daftar korban meninggal dunia, jauh di lubuk hatinya, Maryati berharap adiknya terkasih tidak menjadi korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang. 

Itu musabab Maryati mendatangi RS Polri, untuk memastikan kebenaran terkait kondisi adiknya, Marzuki alias Kinoy.

“Ini belum tahu ya (apakah Marzuki alias Kinoy jadi korban meninggal dunia). Mudah – mudahan bukan ya,” ucap Maryati.

“Tapi aku lihat data yang meninggal itu ada adik aku,” imbuh dia. (*)

Source:trb