IKLAN YARA

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol.Winardy : Polisi Terus Kejar Pelaku Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa

oleh -46.489 views
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol.Winardy
UPDATE CORONA

Banda Aceh I Realitas – Polisi Daerah (Polda) Aceh dan Polres Kota Langsa terus melakukan penyelidikan terkait tindak kriminal pembakaran mobil Ketua Yayasan Advokat Rakyat Aceh (YARA) Kota Langsa, H A Muthallib, Ibrahim, SE,.SH,.M.Si,.M.Kn oleh Orang Tak Dikenal (OTK) Senin (20/9/2021) subuh di garasi rumahnya kawasan Jalan Syiah Kuala Gampong Tualang Teungoh Langsa Kota, Provinsi Aceh.

Kasus tersebut kini dalam proses penyelidikan polisi, kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy,S.I.K melalui pesan singkatnya kepada Wartawan AcehGlobal Sabtu (25/9/2021).

Kabid Humas Kombes Pol Winardy menyebutkan, tindak kriminal pembakaran mobil Harrier Plat BK 88 WZ milik Ketua YARA Kota Langsa H. A. Muthallib, Ibr, SE, SH, M. Si, M. Kn yang dibakar oleh orang yang belum diketahui identitasnya terus dilakukan penyelidikan pihaknya, ujar nya.

Polisi kini terus mengumpulkan bukti-bukti pendukung seperti ditemukannya satu galah yang di ujungnya ada balutan kain berbungkus karet ban yang di duga digunakan untuk membakar mobil yang ada di garasi, yang dibuang tidak jauh dari lokasi pembakaran mobil, milik Dosen Fakultas Hukum Unsam.

Bukti lain seperti adanya rekaman Closed Cirkuit Television (CCTV) dimana pelaku yang diduga dua orang dengan mengenderai sepeda motor honda scopy yang satu orang terlihat menyulutkan galah yang ujungnya sudah di siapkan api di tujukan ke arah tangki minyak mobil bagian bawah, sebut Kabid Humas Polda Aceh.

BACA JUGA :   Korupsi Program DD TA. 2019 Kades dan Kaur Diamankan Polisi

Kasus tersebut kini masih dalam proses penyelidikan, kita terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut sampai tuntas, kata Kabid Humas.

Sebelumnya, pasca peristiwa dibakarnya mobil merek Toyota Harrier milik Ketua YARA Langsa, Kapolres Langsa bersama tim juga sudah turun langsung ke lokasi untuk melakukan penyelidikan, dimana bukti awal berupa galah yang digunakan oleh pelaku untuk menyulutkan api ke arah bawah tangki minyak mobil sudah kita amankan, kata Kapolres Langsa AKBP Agung Karnigoro Nusantoro,SH,SIK,MH kepada Acehglobal.co melalui telepon selulernya Selasa (21/9/2021).

Dan semua alat bukti yang kita kumpulkan itu akan kita bawa ke Laboratorium Forensik (Labfor) untuk penyelidikan lebih lanjut, kata Kapolres Agung,Kami terus kejar pelakunya, tutup Agung.

Seperti di Beritakan Media Ini Pada Tanggal (21/09/2021)

Terkait pembakaran mobil milik Ketua yayasan advokasi rakyat Aceh (YARA) perwakilan Langsa HA Muthallib, SE, SH, M.Si, M.Kn yang juga Pemred Media Realitas oleh dua orang tidak dikenal (OTK) di jalan Syiah Kuala Gampong Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota, Provinsi Aceh , Senin (20/9/21) sekira jam 4.20 wib Shubuh.

Sejauh ini kasus pembakaran mobil ketua YARA Langsa yang juga salah satu pimpinan redaksi (Pimrep) Media Realitas, terus di selidiki oleh tim kepolisian Polres Langsa.

BACA JUGA :   Polisi Ringkus Dua Jambret, Modus Patroli Untuk Melihat Mangsa

Kapolres AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH kepada awak media, Selasa (21/9/2021) menyebutkan bahwa kini terus melakukan penyelidikan terkait adanya peristiwa pembakaran mobil pribadi milik Ketua Yayasan Advokat Rakyat Aceh (YARA) Kota Langsa, ujar nya.

Polisi kini juga telah melakukan penyelidikan di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dirumah Ketua YARA Kota Langsa H A Muthallib yang beralamat di jalan Syiah Kuala Gampong Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota, ujar AKBP Agung Kanigoro Nusantoro.

Lebih lanjut Agung mengatakan, terlepas dari pihak Korban ada melapor atau tidak namun kita bersama Tim Indonesia Automatic Fingerprint System (INAFIS) Polda Aceh sudah turun ke lokasi, dan kita kejar kasus ini sampai tuntas.

Berdasarkan sejumlah barang bukti yang kita temukan di lokasi seperti adanya kayu galah yang digunakan oleh pelaku, dan kain di balut karet ban bekas yang sudah dicincang, itu sudah kita amankan untuk langkah-langkah penyelidikan lebih lanjut, ujar Agung.

Adapun motifnya dan bagaimana pelaku melakukan aksinya itu, kita juga perlu melakukan uji Labaratorium Forensik Polri, ujar Agung.

Agung juga menambahkan, untuk penyelidikan lebih lanjut juga akan melakukan koordinasi dengan Polda Aceh.

Kita terus melakukan penyelidikan kasus ini berdasarkan bukti-bukti yang kita kumpulkan saat ini, ini adalah tindak kriminal, dan kita tidak toleran terhadap setiap tindak kriminalitas dalam wilayah hukum Polres Langsa, setiap kriminalitas tetap kita proses sesuai dengan aturan yang berlaku, beber Kapolres Agung.

BACA JUGA :   Oknum Wartawati Catut Nama Anggota Polisi Segera di Proses Hukum

Sementara itu Wartawan senior Aceh, Azhari Bahrul, mendesak Polda Aceh untuk mengusut tuntas kasus pembakaran mobil Ketua Yayasan Advokasi Rakyat (YARA) Perwakilan Kota Langsa, A. Muthallib, yang juga Pemred Media Realitas.

Aksi pembakaran mobil Toyota Harrier nopol BK 88 WZ milik H A Muthallib terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang di pasang dirumah nya.

Berdasarkan hasil rekaman CCTV pembakaran mobil dilakukan oleh dua pelaku tidak dikenal dengan mengendarai sepeda motor, pada 20 September 2021, menjelang shalat Shubuh.

“Kita mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas aksi pembakaran mobil Ketua (YARA) Langsa, ujar Ayi yang juga bendahara PWI Aceh.

Apalagi aksi tersebut terekam CCTV, itu akan memudahkan kepolisian untuk mengungkap pelaku,” beber Azhari.

Azhari menjelaskan pembakaran mobil tersebut mengancam keselamatan Muthallib dan keluarganya.

Muthallib merupakan mantan Wakil Ketua PWI Aceh dan pemimpin Media Realitas, ujar Azhari Bahrul kepada awak media.

Kita minta polisi baik dari Polda Aceh maupun Polres Langsa agar dapat mengusut sampai tuntas, apalagi petunjuk awal ada terekam CCTV, tutup Azhari. (*)