IKLAN YARA

Jokowi Salurkan 20 Ton Jagung Kepada Peternak di Blitar

oleh -15.489 views
Jokowi Salurkan 20 Ton Jagung Kepada Peternak di Blitar
Jokowi Salurkan 20 Ton Jagung Kepada Peternak di Blitar
UPDATE CORONA

Blitar I Realitas – Hari ini tim advance president Jokowi mengirim jagung bantuan untuk Suroto. Bantuan jagung gratis ini merealisasikan janji Jokowi untuk secepatnya menyediakan jagung sebagai pakan utama ternak layer di Blitar.

Menggunakan beberapa truk, sebanyak 20 ton jagung dikirim ke Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Tim advance president didampingi forkopimda Pemkab Blitar datang ke desa itu sekitar pukul 08.30 WIB.

Jagung sebanyak 20 ton itu akan diambil Suroto seperlunya. Sedangkan lainnya akan dibagikan secara merata ke semua peternak layer di wilayahnya.

Sebelumnya, sekitar 4.500 peternak layer diambang kebangkrutan. Harga pakan tinggi yang tidak diimbangi dengan harga telur yang tinggi, membuat para peternak Blitar merugi di kisaran Rp 1 juta per hari.

BACA JUGA :   Kenang Jasa Pahlawan, Kalapas Ziarah dan Tabur Bunga

Saat ini, harga jagung di pasaran masih di atas Rp 6.000/kg. Sementara, harga telur dari kandang masih belum beranjak di kisaran Rp 13.500/kg. Dalam kalkukasi bisnis ayam layer, para peternak bisa menutup biaya operasional jika harga telur di kisaran Rp 18.500/kg.

“Bantuan ini saya ambil secukupnya untuk ternak saya. Nanti saya akan bagi kepada peternak yang hampir punah di desa saya. Namun nanti saya tidak bisa mengatakan berapa dapatnya. Entah dapat satu karung atau dua karung yang penting rata dan bisa mempertahankan ternaknya sebagai penghasilan sehari hari,” kata Suroto, Senin (20/9/2021).

BACA JUGA :   Kapolri dan Panglima TNI Tutup Diklat Sespimti

Dia berharap, dengan adanya bantuan jagung dari Presiden ini usaha ternaknya bisa bangkit kembali. Suroto dan para peternak layer lainnya juga berharap, bantuan jagung secara gratis ini bisa berlanjut secara simultan. Berupa subsidi harga jagung kepada para petani, sehingga antara peternak dan petani tidak ada yang dirugikan.

Pada Sabtu (18/9/2021), emak-emak peternak ayam layer menggeruduk rumah Suroto. Mereka menanyakan janji Jokowi memberikan jagung harga di kisaran Rp 4.500 per kg belum juga terealisasi. Mereka menanyakan hal tersebut kepada Suroto, karena dialah yang punya akses langsung ke Istana Kepresidenan.

BACA JUGA :   Korupsi Program DD TA. 2019 Kades dan Kaur Diamankan Polisi

Namun Suroto yang merasa sebagai peternak kecil, merasa sungkan menanyakan realisasi janji Jokowi tersebut. Karena dengan diundang ke Istana Kepresidenan saja sudah membuatnya haru dan bangga. Karena Presiden Jokowi bersedia menerima keluhannya terkait harga jagung yang mahal, sementara harga telur justru anjlok tajam. (*)

Source: Dtc