IKLAN YARA

304 Lapak Ludes Terbakar di Pasar Bawah Bukittinggi

oleh -30.489 views
304 Lapak Ludes Terbakar di Pasar Bawah Bukittinggi
Foto : iN
UPDATE CORONA

Bukittinggi I Realitas – Kebakaran yang terjadi di Pasar Bawah, Kelurahan Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menyebabkan 304 lapak pedagang hangus. Kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar.

“Ada 304 lapak pedagang yang hangus terbakar, dari hasil penyelidikan  sementara kerugian ditaksir Rp2 miliar di mana Rp1 miliar kerugian bagunan dan Rp1 miliar lagi kerugian lapak-lapak,” kata Kapolres Bukittinggi, AKBP Dodi Prawiranegara, Minggu (12/9/2021)

Dodi menambahkan, penyidik masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut.

BACA JUGA :   Tonton Film Dewasa Setiap Hari, Remaja di Tapanuli Utara Lecehkan 2 Anak Tetangga

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan penyebab kebakarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, mengatakan kebakaran terjadi pada Sabtu dini hari (11/9/2021) sekitar pukul 02.00 WIB.

Kejadian pertama kali diketahui oleh petugas ronda bernama Budi Rahmat (36), saat itu Budi sedang melaksanakan patroli di Pasar Bawah, dan melihat percikan api di dalam kedai yang menjual gula aren.

BACA JUGA :   Kehadiran KSJ Membantu Pemerintah Dalam Tangani Masalah Sosial

“Kemudian Budi menghubungi rekannya bernama Romi (37) yang juga petugas ronda. Saat itu, Romi sedang berada di pangkalan bendi Pasar Bawah dan berjarak sekitar 50 meter dari lokasi Budi.

Kemudian kedua saksi kembali ke kedai jualan gula aren tersebut, tapi api sudah membesar dan menyebar ke kedai lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, kedua saksi sempat berusaha memadamkan api dan langsung menghubungi Damkar Kota Bukittinggi.

BACA JUGA :   Respon Cepat Polres Batu Bara Terkait Isu Begal Yang Marak di Batu Bara

“Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 04.12 WIB dan ada 10 unit armada Damkar ikut melakukan pemadaman,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bukittinggi, Martius Bayu, saat dihubungi kebakaran itu masih ada barang-barang pedagang yang bisa diselamatkan.

“Kios yang terbakar terdiri dari ayam, kelapa, bumbu-bumbu masak dan lainnya. Pemadaman itu dibantu damkar Padang Pariaman, Pariaman, Payakumbuh, Agam dan Padang Panjang, Kota ” ujar Martius.

Sumber : iN