IKLAN YARA

Pemberian Alat/Mesin dan Pelatihan dari Tim Pengabdi Dosen Unsam Pada Kegiatan PKM DIKTI 2021

oleh -100.489 views
Kegiatan Pengabdian (PKM) Dikti 2021, Tim Pengabdi melakukan kegiatan penyerahan alat/mesin dan pelatihan, Minggu (1/8/2021) di Desa Pusong Kapal Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Taming.
UPDATE CORONA

Aceh Taming I Realitas – Kegiatan Pengabdian dengan skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah saru program pengabdian dari Kementrian Riset dan Teknologi (DIKTI).

Salah satu Tim Pengabdian yang dipercaya oleh DIKTI dalam pelaksanaannya ditahun 2021 ini adalah Tim Pengabdian  terdiri dari Meri Andriani, S.T., M.T. sebagai ketua dan dua anggota yaitu Dr. Ir. Hamdani, M.T. dan Dr. Suri Purnama Febri, S.Kel., M.Si dengan judul “PKM Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pemberdayaan Sumber Daya Alam Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang”.

Minggu Tanggal 1 Agustus 2021 di Desa Pusong Kapal Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Taming, Tim Pengabdi ini melakukan kegiatan pengabdiannya berupa penyerahan alat/mesin dan pelatihan.

BACA JUGA :   Petugas Vakdinator Sudah Bekerja Sesuai Dengan SOP

Meri Andriani,S.T.,M.T. sebagai ketua pada saat pembukaan kegiatan menyatakan bahwa “pemberian alat/mesin  ini dilakukan untuk mendukung usaha Mitra dalam pembuatan produknya dalam hal ini terasi (belacan)”.

Mesin yang berikan salah satunya adalah mesin penggiling terasi, mesin ini dibuat dengan mempertimbangkan dari teori ergonominya, agar Mitra dapat bekerja secara nyaman, sehingga dapat meningkatkan  jumlah terasi yang dibuat Mitra.

Beberapa alat/mesin diberikan oleh Tim Pengabdi kepada Mitra juga sampai kepada pemasarannya, dimana tujuannya agar pemasaran produk Mitra tersebut bisa meningkat, bukan hanya untuk sekitar Kabupaten Aceh Tamiang saja, tetapi juga sampai ke luar Aceh.

BACA JUGA :   PAG Gelar Kunjungan Silaturahmi ke Denkesyah Lhokseumawe

Apalagi pada masa Pandemi Covid-19 yang penjualan terasi sangat sepi seperti yang dikeluhakan oleh Mitra pada saat Survey. Pelatihan diberikan kepada Mitra adalah pelatihan pembuatan Virgin.

Coconut Oil (VCO), yang bertujuan agar Mitra dapat memberdayakan sumber daya alam (kelapa) yang melimpah di daerah Mitra.

Pembuatan VCO ini dimulai dari pengukuran kelapa sampai diajari pemerasan santan yang bisa mendapatkan santan yang kental.

Kegiatan pengabdian ini bukan hanya sampai pada penyerahan alat/mesin dan pelatihan VCO saja, tetapi terus berlanjut sampai bulan Desember 2021.

Kegiatan setelah ini akan diadakan pelatihan dalam pembuatan pot bunga dari bahan sabut kelapa, pendampingan dan evaluasi kepada Mitra oleh Tim Pengabdi.

BACA JUGA :   Tanfidzyah NU Batu Bara Apresiasi Polisi Dalam Pemberantasan Begal

Mitra menyampaikan terima kasih banyak kepada Tim Pengabdi, Kemetrian Riset dan Teknologi (DIKTI) dan juga LPPM Universitas Samudra  atas alat/mesin dan juga ilmu yang diberikan.

Tim Pengabdi yang terdiri dari Meri Andriani, S.T., M.T. sebagai ketua dan dua anggota yaitu Dr. Ir. Hamdani, M.T. dan Dr. Suri Purnama Febri, S.Kel., M.Si, juga mengucapkan terima kasih kepada Kemetrian Riset dan Teknologi (DIKTI) dan juga LPPM Universitas Samudra  atas kepercayaan yang diberikan kepada Tim Pengabdi. (*)