IKLAN YARA

PBB, UNICEF Minta Anak Afghanistan Tidak Ditelantarkan

oleh -55.489 views
PBB, UNICEF Minta Anak Afghanistan Tidak Ditelantarkan
UPDATE CORONA

Afghanistan I Realitas – Dana anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNICEF meminta semua pihak untuk tidak menelantarkan anak-anak di Afghanistan.

Seperti disampaikan Xinhua, Senin (30/8/2021), seiring gangguan keamanan kebutuhan anak-anak Afghanistan lebih besar dari sebelumnya.

Pada Minggu (29/8), George Laryea-Adjei, Direktur Regional untuk UNICEF Asia Selatan, mengatakan anak-anak telah membayar harga terberat dalam beberapa pekan terakhir dari meningkatnya konflik dan ketidakamanan.

Tidak hanya dipaksa keluar dari rumah, dan terputus dari sekolah dan teman-teman mereka, anak-anak juga kehilangan perawatan kesehatan dasar yang dapat melindungi mereka dari polio, tetanus dan penyakit lainnya.

BACA JUGA :   Polres Aceh Timur Amankan Dua Pelaku Bawa Satu Karung Ganja

“Sekarang, dengan krisis keamanan, meroketnya harga pangan, kekeringan parah, penyebaran Covid-19, dan musim dingin yang menusuk akan segera tiba, anak-anak berada pada risiko yang lebih besar dari sebelumnya,” tambahnya.

UNICEF telah memperkirakan bahwa jika tren saat ini berlanjut, 1 juta balita di Afghanistan akan menghadapi kekurangan gizi akut yang parah, suatu kondisi yang mengancam jiwa.

Laryea-Adjei mengatakan lebih dari 4 juta anak, termasuk 2,2 juta anak perempuan, tidak bersekolah.

BACA JUGA :   Jelang Rapat Umum, Ratusan Polisi Berpatroli di Sekitar US Capitol

“Sekitar 300.000 anak-anak terpaksa meninggalkan rumah mereka, beberapa di antaranya sedang tidur di tempat tidur, dan terlalu banyak dari mereka telah menyaksikan adegan yang tidak boleh dilihat oleh anak-anak,” katanya.

“Anak-anak dan remaja berjuang dengan kecemasan dan ketakutan, sangat membutuhkan dukungan kesehatan mental,” tambahnya.

Saat beberapa mitra kemanusiaan mempertimbangkan untuk memotong bantuan ke Afghanistan, Laryea-Adjei menyuarakan keprihatinan karena memiliki sumber daya yang cukup untuk menjaga pusat kesehatan tetap beroperasi, sekolah terbuka, dan layanan yang tersedia untuk merawat anak-anak yang kekurangan gizi parah.

BACA JUGA :   Jelang Rapat Umum, Ratusan Polisi Berpatroli di Sekitar US Capitol

UNICEF telah berada di Afghanistan selama lebih dari enam dekade. Badan PBB ini terus mempertahankan kehadirannya di lapangan di seluruh negeri agar bisa memberikan respons cepat.

Saat ini, UNICEF mendukung tim kesehatan dan nutrisi keliling di kamp-kamp untuk orang-orang terlantar, dan menyiapkan ruang ramah anak, pusat nutrisi dan situs vaksinasi. Pada saat yang sama, badan ini juga menyiapkan persediaan penyelamat tambahan dan mendukung ribuan siswa di kelas pendidikan berbasis masyarakat.

Sumber: bst