IKLAN YARA

Muslim Agani SH Direktur Aceh Legal Consult : Hati Hati Menerapkan Qanun No.6 Tahun 2014

oleh -120.489 views
Muslim Agani SH Direktur Aceh Legal Consult : Hati Hati Menerapkan Qanun No.6 Tahun 2014
Muslim Agani SH Direktur Aceh Legal Consult
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas – Hati hati menerapkan Qanun Aceh Nomor 6 tahun 2014 tentang Hukum jinayat.

Rumah dan Kantor tidak bisa disamakan dengan pengertian ruangan dan kamar, kecuali tertangkap tangan beda berdua dua dalam kamar tertutup dan atau ditempat sepi, gelap.

Kalau didalam rumah harus bisa di buktikan dengan menangkap langsung dan atau adanya pengakuan dan saksi, bukan saksi melihat ada orang berdua didalam rumah dan atau kantor.

BACA JUGA :   Berantas Judi Online, Forkopimda dan Ulama Apresiasi Kapolda Aceh

Kasus seperti ini tidak bisa secara langsung, diterapkan dengan pasal 1 ayat 23 menjelaskan bahwa khalwat adalah perbuatan tertutup atau tersembunyi.

Antara dua orang yang berlainan jenis kelamin yang bukan mahram dan tanpa ikatan pernikahan dengan kerelaan kedua belah pihak yang mengarah pada perbuatan zina maka akan dihukum cambuk.

Kecuali salah satu mengaku telah melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan tersebut diatas, demikian disampaikan Muslim Agani, SH kepada sejumlah Wartawan Minggu (29/8/2021) di Langsa.

BACA JUGA :   Ketua YLBHIMA Aceh Barat dan LSM FOMA Meminta Kapolda Aceh Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa

Kita khawatir penangkapan tampa didasari pembuktian didalam rumah kantor dan tempat pelayanan publik akan menjadi Yurisprudensi terkait penerapan Qanun di Aceh.

Kita mintak kepada semua pihak yang menerapkan Qanun, agar lebih hati hati dalam penerapan, kalau sudah menerapkan harus ada dasar hukum yang kuat, ujar mantan Anggota DPRK Aceh Timur.

BACA JUGA :   Di Aceh Tamiang, Kapolda Aceh Tinjau Gerai Vaksinasi di Pendopo Bupati

Pihak pihak yang menerapkan Qanun harus belajar hukum, agar tidak salah menerapkan, belajar yang benar, Qanun sudah benar cuma penerapan yang sering keliru di lapangan, ujar Muslim yang juga Advokat.

Jangan kasih senjata pada orang yang bukan ahli menembak kita kuatir yang pegang senjata itu bukan ahli tembak, tutup Muslim Agani, SH. (Yudi)