IKLAN YARA

Heboh Anggota DRPD Solo Karaoke Bareng di Ruang Komisi

oleh -47.489 views
Angggota DPRD Solo mendapatkan sorotan Karaokean-Joget Bareng di Ruang Komisi.
UPDATE CORONA

Solo I Realitas – Di tengah suasana PPKM level 4, anggota DPRD Solo mendapatkan sorotan. Sebab dua anggotanya terekam dalam sebuah video sedang asyik berkaraoke dan berjoget di ruang kerja.

Dalam video berdurasi 3 menit 9 detik yang beredar di grup Whatsapp, tampak dua orang anggota DPRD berdiri di tengah ruangan memegang mikrofon sambil bernyanyi. Mereka tampak asyik bernyanyi sambil berjoget.

Kedua anggota DPRD Solo itu ialah Roro Indradi dan Hartanti. Mereka sama-sama berasal dari Fraksi PDIP. Sementara anggota DPRD lain tampak menikmati santapan di ruangan yang sama. Ada satu anggota DPRD lain yang juga ikut bernyanyi di kursinya sambil menyantap makanan.

Terkait protokol kesehatan, kedua anggota DPRD yang bernyanyi terlihat masih tetap mengenakan masker. Sementara anggota DPRD lainnya tampak menurunkan masker karena sedang makan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, peristiwa terjadi di ruang Komisi 2 pada pertengahan Juli lalu.

“Betul itu di Komisi 2, acara ulang tahun Mbak Roro Indradi Sarwo Indah,” kata Sukasno saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (27/7/2021).

BACA JUGA :   Kapolresta Pimpin Apel gelar Operasi Patuh lancang Kuning 2021 di Mako Polresta Pekanbaru

Dia menegaskan acara itu berlangsung di luar jam kerja. Alat yang digunakan tersebut adalah mikrofon yang biasa dipakai saat rapat.

“Itu kan sudah selesai jam kantor, acara syukuran makan-makan biasa. Cuma pakai sound dan mikrofon rapat itu, tidak kedengaran sampai ruang lain,” kata dia.

Acara ulang tahun

Roro Indradi membenarkan peristiwa itu merupakan acara ulang tahunnya pada 13 Juli 2021 lalu. Menurutnya, hal itu dilakukan secara spontan, tak ada persiapan makan bersama, apalagi karaoke.

“Itu nggak ada yang disiapkan. Setelah rapat, pesan makanan online, makan di sini, kita kan memang nggak punya tempat makan khusus. Kalau sudah direncanakan itu biasanya disediakan meja di luar,” kata Roro saat dijumpai di ruang Komisi 2, Selasa (27/7/2021).

Dia menjelaskan karaoke pun dilakukan hanya dengan menggunakan layanan YouTube. Mikrofon dan alat pengeras suara juga hanya menggunakan peralatan rapat.

“Itu kan selesai rapat, di luar jam kerja. Kita hanya pakai YouTube, nyanyi lagu ulang tahun dan beberapa lagu, tidak sampai 30 menit,” ucapnya.

BACA JUGA :   Penembakan Seorang Ustaz di Tangerang, Diduga Sudah Dipantau Lama

Sementara itu, Ketua Komisi 2 DPRD Kota Solo, Honda Hendarto, mengaku sedang tidak berada di kantor saat peristiwa itu terjadi.

“Dulu pas nggak di kantor saya. Videonya baru tahu hari ini tadi. Intinya sesuai dengan pernyataan Pak Ketua DPRD dan Ketua Fraksi PDIP,” kata Honda dalam kesempatan yang sama.

Dianggap tak ganggu kinerja

Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo mengaku telah mengkonfirmasi video itu kepada anggotanya. Menurutnya, tidak ada pelanggaran yang dilakukan.

“Sudah saya konfirmasi ke komisi, itu kan setelah selesai rapat, kebetulan ada yang ulang tahun. Nggak ada (pelanggaran), di luar jam kerja, masih dalam batas wajar,” kata Budi saat dijumpai di Gedung DPRD Solo, Selasa (27/7/2021).

Budi menilai dari sisi pekerjaan kegiatan itu tidak menganggu kinerja anggotanya. Sementara dari sisi protokol kesehatan, kedua anggotanya itu bernyanyi tetap memakai masker.

“Itu kan nggak buka masker. Yang jelas juga nggak mengganggu kinerja teman-teman,” terang politikus PDIP itu.

BACA JUGA :   Prediksi Chelsea vs Aston Villa - Piala Liga Inggris 23 September 2021

Budi menegaskan DPRD Solo tidak pernah menyediakan fasilitas khusus karaoke. Saat itu karaoke dilakukan hanya menggunakan mikrofon dan layar proyektor untuk rapat.

“Kita nggak punya fasilitas karaoke. Itu pakai LCD rapat, mikrofon rapat, itu selesai rapat dengan mitra kerja,” ujarnya.

Meski bukan pelanggaran, Budi tetap mengingatkan kepada anggotanya agar lebih berhati-hati dalam bertindak. Sebab saat ini masih dalam situasi PPKM Darurat di level 4.

“Mudah-mudahan teman-teman dewan lebih hati-hatilah dalam bertindak, bertingkah laku, apalagi di tengah pandemi, sama-sama menjaga,” harap Budi.

Gibran Emoh Komentar

Ditemui di Gedung DPRD Solo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka enggan memberi komentar. Menurutnya, hal tersebut telah ditangani Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo.

“Tanya Pak Budi (Ketua DPRD Solo), ojo aku (jangan saya),” kata Gibran singkat, Selasa (27/7).

Sementara itu, Ketua Satgas COVID-19 Solo, Ahyani, juga enggan berkomentar. Menurutnya, hal tersebut adalah masalah internal DPRD Solo. (*)

Sumber: (Dtc)