IKLAN YARA

Dosen Prodi Pendidikan Unimal Adakan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru

oleh -25.489 views
Dosen Prodi Pendidikan Unimal Adakan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru
UPDATE CORONA

Lhokseumawe I Realitas – Dosen yang terdiri dari Program Studi Pendidikan di Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan pengabdian kepada masyarakat di Ruang Guru SMPN 1 Dewantara, Kamis (5/8/2021).

Kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Riset Bagi Guru dan Teknik Submission di Jurnal Nasional diadakan di SMPN 1 Dewantara dalam rangka pengabdian Tim Dosen perwakilan dari Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Fisika, terang Mutia Fonna S.Pd M Pd selaku ketua tim pengabdian.

Lanjutnya, dosen dari Prodi Pendidikan Matematika terdiri dari Mutia Fonna S. Pd M Pd, Mursalin S.Pd M Pd, Aklimawati S.Pd M Pd, Muliana S.PdI M.Pd, Dr Fajriana S. Si M. Si.

BACA JUGA :   Mobil Pimred Media Realitas di Bakar OTK, Pelaku Terekam CCTV

Dosen dari Prodi Pendidikan Kimia terdiri dari Henni Fitriani S.PdI, M Pd, Ayu Rahmi S.Pd M Pd, Ratna Unaida S.Pd M Pd, Fakhrah S.Pd M Pd. Sementara dosen dari Prodi Pendidikan Fisika terdiri dari Nanda Novita S. Pd M Si, Syarifah Rita Zahara S Pd M Pd dan Halimatus Sakdiah S Pd M Pd. Kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan, ujar Fonna.

Kegiatan pengabdian ini menghadirkan narasumber dari Prodi Pendidikan Matematika yang sudah berpengalaman sehari-hari dalam mengelola jurnal nasional dan internasional, Bapak
Mursalin S Pd M Pd, terang Fonna.

Kegiatan pengabdian ini dibuka langsung oleh Ibu Dra Rusmaniah M Pd selaku kepala SMP Negeri 1 Dewantara, ia mengatakan kegiatan pengabdian pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis riset bagi guru adalah ilmu yang perlu diupgrade, karena disini banyak guru-guru masa lalu, ujarnya.

BACA JUGA :   Kapolda Aceh Tinjau Vaksinasi Massal dan Baksos yang Digelar Akpol 97

Lanjutnya, ia meminta kepada tim dosen agar terus menjalin silaturahmi dengan sekolah, dan meminta bimbingan ini terus dilakukan kepada guru-guru, karena guru juga berkewajiban melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), sehingga laporan hasil bisa disubmit sendiri oleh guru ke jurnal nasional.

Disamping itu, pemateri Mursalin S Pd M Pd menjelaskan dalam paparannya, jurnal ilmiah adalah media publikasi hasil riset untuk para guru, dosen, mahasiswa, siswa dan peneliti, jurnal nasional saat ini terbagi menjadi dua, open akses dan close akses, atau disebut Open Journal System (OJS).

BACA JUGA :   Diduga Jadi Calo Proyek di Aceh dan Kutip Uang Rp20 Juta, MN di Tangkap Polisi

Tambahnya, jurnal open akses adalah jurnal yangmana artikel hasil publish dapat diunduh langsung oleh pembaca tanpa perlu membayar ke jurnal. Sementara jurnal close akses adalah jurnal yangmana pembaca tidak dapat mengunduh artikel publish secara langsung, sebelum membayar ke jurnal.

Lanjutnya, guru bisa melakukan submit sendiri dengan mudah ke jurnal-jurnal terakreditasi, baik jurnal rangking Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5 dan Sinta 6. Guru jangan takut mencoba untuk melakukan riset PTK dikelas, dan laporan penelitian berupa artikel bisa disubmit ke jurnal untuk diseminasi, terangnya. (*)