IKLAN YARA

Danramil 06/Sukajadi Silaturahmi Bersama Tokoh Masyarakat

oleh -82.489 views
Danramil 06/Sukajadi Silaturahmi Bersama Tokoh Masyarakat
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara TNI bersama dengan masyarakat, Koramil 06/Sukajadi mengundang para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perangkat RT/RW, dan stakeholder lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (26/08/21) Sore bertempat di Aula Kantor Koramil 06/Sukajadi yang berada di Jalan Kesuma No. 15 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi.

Adapun kegiatan tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah dengan mewajibkan para peserta untuk mencuci tangan sebelum masuk dan tetap menggunakan masker acara berlangsung.

Dalam sambutan Komandan Koramil (Danramil) 06/Sukajadi Kapt Arh Nirzam menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang meluangkan waktu untuk hadir bersilaturahmi bersama.

“Kegiatan ini merupakan program Komunikasi Sosial bersama dengan masyarakat untuk menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dan Perlawanan Rakyat yang meliputi pembinaan geografis, demografis dan kondisi sosial dalam rangka menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh di daerahnya untuk kepentingan Pertahanan Keamanan Negara (Hankamneg),” ujar Danramil.

BACA JUGA :   Panglima TNI Pimpin Sertijab Dankodiklat, Aster, Kapuskes dan Kasetum

Selain itu, Danramil 06/Sukajadi juga menyebutkan kegiatan pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut dari pembinaan mitra Babinsa yang telah membantu tugas pokok diwilayah binaannya.

“Tentunya dengan membantu tugas-tugas babinsa selama ini maka keamanan, ketertiban, dan menjaga kedaulatan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa terjaga,” sebut Danramil.

Dalam paparannya, Danramil menjelaskan bahwa tugas dan pokok Koramil adalah menyelenggarakan pembinaan teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Kodim.

“Pembinaan teritorial sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena didalamnya terdapat pembinaaan kesadaran berbangsa dan bernegara, pembinaan kesadaran bela negara dan cinta tanah air, serta Pembinaan tentang kemanunggalan TNI bersama rakyatnya,” ujar Danramil 06/Sukajadi.

Pada masa pandemi saat ini peranan masyarakat sangat penting sekali dalam menekan angka penyebaran wabah Covid-19 dilingkungan sekitar, bahkan menurut Danramil 06/sukajadi tersebut jalinan sinergitas bersama masyarakat melalui komunikasi dan silaturahmi akan mampu mewujudkan situasi kondisi hingga pulih kembali.

BACA JUGA :   Panglima TNI Pimpin Sertijab Dankodiklat, Aster, Kapuskes dan Kasetum

“Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa membantu terlaksananya program pemerintah dalam menekan angka penyebaran wabah Covid-19, dengan cara mendukung gerakan 5M protokol kesehatan yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilisasi dan interaksi,” urai Danramil 06/Sukajadi.

“Dan juga kita berharap kepada masyarakat untuk bisa ikut serta berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah untuk memberikan kekebalan kelompok terhadap suatu wabah penyakit atau herd immunity,” tambahnya.

Isolasi Terpusat

Sementara itu dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 ditengah-tengah lingkungan masyarakat, pimpinan tertinggi TNI telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kodam, Korem, Kodim, dan Koramil untuk dapat melayani masyarakat dengan menyediakan tempat-tempat isolasi terpusat atau isoter.

Untuk diketahui, Koramil 06/Sukajadi telah memiliki ruangan isolasi terpusat sebanyak dua kamar yang terdiri dari empat kasur atau tempat tidur serta disiapkan beberapa orang tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pasien positif Covid-19.

BACA JUGA :   Panglima TNI Pimpin Sertijab Dankodiklat, Aster, Kapuskes dan Kasetum

“Jadi apabila ada warga terpapar Covid-19 yang kondisi rumahnya tidak sesuai dengan standar isolasi mandiri, maka kami ajak warga tersebut untuk memanfaatkan fasilitas ruangan isolasi terpusat di koramil kita ini.

Dengan ketentuan bahwa warga tersebut telah dinyatakan positif oleh dokter melalui test pcr atau rapid antigen,” jelas Danramil 06/Sukajadi

“Adapun selama menjalankan isolasi terpusat tersebut, akan kita berikan fasilitas makanan dan obat-obatan berupa vitamin sebanyak 3 kali sehari, tentunya dalam pengawasan dokter yang bertugas,” tutup Danramil 06/Sukajadi Kapten Arh Nirzam.

Selama kegiatan komunikasi sosial dan silaturahmi tersebut, respon positif dari terlihat dari para tokoh masyarakat yang hadir serta menyatakan kedepannya akan bersedia untuk siap membantu dan bekerja sama dengan jajaran Koramil 06/Sukajadi.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama sekaligus memberikan secara simbolis sembako berupa beras kepada sebagian masyarakat yang hadir. *(mirza)