IKLAN YARA

Fadhilah Sepuluh Zulhijjah

oleh -234.489 views
Fadhilah Sepuluh Zulhijjah
Foto: Ilustrasi
UPDATE CORONA

MEDIAREALITAS.COM – Fadhilah Sepuluh Zulhijjah, Dari karangan Imam Al- Hafiz Abu qasim Al- sulaiman bin Ahmad Thorbani, beliau menerangkan dalam karangan beliau yg bernama “ فضل عشر ذي الحجة” , dari karangan beliau ini , beliau menerangkan kelebihan sepuluh hari zulhijjah & hari Arafah.

  • Yang pertama, KELEBIHAN SEPULUH ZULHIJJAH.

Dalam karangan beliau menerangkan salah satu hadis :

حدثنا معاذ بن المثنى العنبري, عن مجاهد , عن ابن عباس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( ما من أيام فيهن أفضل من أيام عشر , فأكثروا فيهن التسبيح و التهليل و التكبير )).

Yang artinya :

     “ Di kabarkan dari Mu’az bin Al- Mustna Al- ‘Anbari, dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas berkata. Bersabda Rasulullah SAW : Hari manalah yg lebih berfadhilah dari hari sepuluh ( Zulhijjah ), maka perbanyaklah pada hari itu, bertasbih, bertahlil, dan bertakbir”.

“Dalam hadis tersebut bahwasannya Rasulullah SAW mengtakan tentang kelebihan sepuluh Zulhijjah , dan dalam hadis tersebut Rasulullah SAW menyuruh kita untuk memperbanyak membaca Tasbih (subhanallah) , Thalil (laailahaillallah) , Takbir (allahuakbar).

Yang artinya, salah satu amalan yg kita laksanakan dalam sepuluh zulhijjah.

  • Yang kedua , Hari ‘Arafah.

     Dalam karangan beliau menerangkan salah satu hadis :

حدثنا إسحاق بن إبراهيم الصنعانى , عن عبد الرزاق , عن مالك بن أنس , إبرهيمبن أبي عبلة , عن طلحة بن عبيد الله كريز الخزاعي , قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( ما من يوم إبليس فيه أدحر ولا هو أغيظ من يوم عرفة , لما يرى من تنزّل الرحمة و تجاوز الله عن الذنوب العظام إلاّ ما رأى يوم بدر )). قيل  : وما رأى يوم بدر ؟ قال : (( أما إنه قد رأى يزع الملائكة )).

Yang artinya :

 Ishaq bin Ibrahim Al-San’ani memberi tahu kami, dari Abdul Razzaq, dari Malik bin Anas, Ibrahim bin Abi Abla, dari Talha bin Ubaid Allah Kariz Al-Khuza’i, yang berkata: Rasul Allah SAW, mengatakan: ((Tidak ada hari di mana setan dikalahkan, dan dia tidak lebih marah dari hari Arafa, ketika dia melihat orang-orang yang turun dari rahmat dan Allah mengampuni dosa-dosa besar kecuali apa yang dilihatnya pada hari Badar). Dikatakan: Apa yang dilihatnya pada hari Badar? Dia berkata: ((Adapun dia melihat para malaikat dibawa pergi)).

“Dalam Hadis ini bahwasannya iblispun marah dan dapat kalah pada hari ‘Arafah, begitu besar Rahmat yg diberikan oleh Allah SWT kepada kita pada hari ‘Arafah ini.

Dan juga ada amalan sunnah yg kita bisa laksanakan pada hari ‘Arafah ini, salah satunya puasa sunnah hari ‘Arafah, yang pahalanya juga begitu besar yang diberikan oleh Allah SWT.

Maka janganlah kita meninggalkan hari – hari yg penuh rahmat dan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT.

Penulis : Muhammad Fachri Aziz

Sumber : (Bincang Syari’ah)