IKLAN YARA

Deddy : Pemkab Bogor Harus Segera Tutup Galian C Ilegal Didesa Lulut

oleh -152.489 views
Deddy : Pemkab Bogor Harus Segera Tutup Galian C Ilegal Didesa Lulut
UPDATE CORONA

Bogor I Realitas – Ketua LSM PENJARA PN, DPC Bogor Raya Deddy meminta Pemkab Bogor Harus Segera Tutup Galian C Ilegal Didesa Lulut, Aktivitas penambangan batu tidak memiliki izin tambang atau galian c ilegal terletak di Desa Lulut dan Desa Nambo, Kecamatan kelapa Nunggal dan kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, terkesan diduga ada pembiaran oleh pemerintahan daerah setempat.

Deddy mengatakan kepada Wartawan, Juam’at (30/7/2021) salah satu warga Inisial EN menjelaskan seputar galian C yakni lokasi galian pengusaha sudah di bayarkan ke warga dan sudah berkordinasi ke Muspida melalui inisial AD. EN menambahkan bahwa galian tersebut adalah bodong, tidak mengantongi izin Galian. Ujar EN hanya mempunyai izin Penanaman pohon aja, disampaikan saat pertemuan 2 LSM dan beberapa Media Kamis (16/7/2021) di lokasi desa lulut, kata deddy

BACA JUGA :   Kapolres Cirebon Kota : Vaksinasi Merdeka Digelar, Antusias Masyarakat Cukup Baik

Menurut pengakuan EN kegiatan galian ini sudah berkordinasi ke lingkungan dan muspida dengan kesepakatan tanah yang digali akan di bayar ke warga masing-masing, untuk muspida di bayar 70.000 rupiah/Trif di tambah 70.000 rupiah/trif buat lingkungan dan tim” papar EN, beberapa hari lalu kepada 2 Lsm dan beberapa media Kamis (16/07/2021).

Deddy : Pemkab Bogor Harus Segera Tutup Galian C Ilegal Didesa Lulut

ketua LSM PENJARA PN, Deddy saat mengkonfirmasi dan menanyakan langsung kepada Satpol PP bidang PPNS Kabupaten Bogor Dadang SH, mengatakan pada tahun 2020 Galian C di Lulut tersebut sudah pernah di tutup dan disegel oleh Satpol PP/ PPNS Kabupaten Bogor, kalau buka lagi kami belun tau ungkap Dadang SH, Dadang SH mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sudah melaporkan kegiatan Galian C di desa lulut kabupaten Bogor, kami akan berkoordinasi dengan atasan terlebih dahulu, ungkap Dadang melalui pesan singkat WhatsApp, kepada ketua ketua Lsm Penjara Pn Deddy.

BACA JUGA :   Peresmian Gudang TN, Pertama Kali dan Peduli Terhadap Anak Yatim Piatu

Ketua Lsm Penjara Pn Deddy meminta kepada pemerintah pusat, khusus nya pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk turun ke lokasi Desa Lulut sekaligus ke Desa Nambo segera menutup kembali kegiatan Galian C tersebut, Deddy mengatakan, penambangan galian C di Desa Lulut dan Desa Nambo tidak bisa ditolerir lagi.

BACA JUGA :   KSJ dan YRKI MoU Peningkatan SDM dan Tata Kelola Organisasi

Apalagi tidak memberikan dampak positif terhadap pembangunan, namun hanya berdampak negatif.

Merujuk pada Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 Pasal 158 yang “Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

“Pemkab Bogor jangan takut untuk menutup kembali tambang Galian C tersebut harus tegas terhadap oknum penambang galian C Desa Lulut dan Desa Nambo ,” imbuhnya. (Eka Gondrong)