IKLAN YARA

BMKG Telah Melayangkan Surat Pemberitahuan Ke TPK Belawan Terkait Sampah Menggunung

oleh -183.489 views
BMKG
UPDATE CORONA

Belawan I Realitas – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Telah Melayangkan Surat Pemberitahuan Ke TPK Belawan Terkait Sampah Menggunung.

Pasca viralnya pemberitaan sampah menggunung di depan sepanjang areal Terminal Bahandle PT Graha Segara Belawan menuai kontra masyarakat dan instansi mitra kerja pada Senin, (11/07/2021) di Jalan Gabion, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Hal ini berdasarkan keterangan surat edaran yang disampaikan pihak Terminal Peti Kemas Belawan (TPKB) kepada pemerintah daerah dan Kantor Meteorologi Maritim Belawan saat dikonfirmasi awak Media.

BACA JUGA :   Peresmian Gudang TN, Pertama Kali dan Peduli Terhadap Anak Yatim Piatu

Kepala Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan, Sugiyono ketika dikonfirmasi awak Media pada Jumat, (09/07/2021) diruang kerjanya mengatakan, sebelumnya kita sudah memberikan surat pemberitahuan ke pihak TPK Belawan terkait sampah tersebut.

“Keberadaan sampah tersebut sudah ada sekitar 1 – 1.5 tahun lalu dan belakangan semakin menggunung sehingga menimbulkan aroma tidak sehat serta perlu di antisipasi oleh pemilik wilayah”, Ucapnya.

“Perlu diketahui bahwa tugas pokok BMKG itu adalah pelayanan data, jasa, informasi artinya kami tidak memproduksi seperti pergudangan, pabrik dan sebagainya, saya pastikan sampah tersebut bukan punya kami dan tidak tahu pasti sampah tersebut berasal dari mana serta kami juga mengikuti program dari Walikota Medan, bahwa kita saat ini harus bersih-bersih terutama mengenai sampah yang berdampak terhadap lingkungan “, Tegasnya.

BACA JUGA :   Kakek di Deli Serdang Rudapaksa Bocah 8 Tahun

“Daerah Belawan adalah daerah pinggir pantai tentunya ini menjadi perhatian bersama, siapa yang membuang sampah itu harusnya bertanggung jawab dan kami menghimbau (pemberitahuan) bahwa itu bukan sampah kami serta mohon dikoordinasikan dengan perusahaan yang ada disekitar tempat pembuangan sampah tersebut”, Harapnya.

Masyarakat Belawan menilai kepemilikan atas aset-aset TPK Belawan maupun PT Pelindo 1 dianggap perlu untuk dipertanyakan kembali, agar tidak terjadi kerancuan terhadap permasalahan serupa kedepannya.

“Andaikan TPK Belawan merasa areal sampah tersebut bukan miliknya, bagaimana kalau aset tersebut diambil alih oleh Pemko Medan, Instansi lain atau masyarakat Belawan ?”, tutup Wandi (42) warga Belawan yang sampai saat ini belum memiliki setapak rumah. (Win)