Pelatihan KSM Pada Program Kotaku Tahun 2021 di Desa Tegal Rejo

oleh -75.489 views
Pelatihan KSM

IDUL FITRI

Tanjung Enim I Realitas – Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pada Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2021 di Desa Tegal Rejo.

Dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat ditengah pandemi covid-19, Kementerian Pekerjasn Umum dan Perumahan Rakyat PUPR) melakukan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat (PKM) pada program Kotaku bagi Kelompok Swaday Masyarakat (KSM) tahun 2021 Lembaga Swadaya Masyarakat (KSM) Bersatu Desa Tegal Rejo dan LKM Sejahters Keluarahan Pasar Tanjung Enim tahun 2021 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Hadir dalam pembukaan pelatihan ini, Kepala Desa Tegal Rejo dan peserta Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Tegal Rejo dan Kelurahan Pasar Tanjung Enim, di Ruang Kantor Kepala Desa Tegal Rejo, Selasa (8/6/2021).

Dalam sambutan kepala desa tegal rejo, teguh priono, mengatakan program sangat membantu masyarskat yang mempunyai usaha kecil menengah, sehingga dengan bantuan modal pinjaman lunak bagi anggota kelompok swadaya masyarakat (KSM) dan pembuatan bangunan fisik.

Lanjutnya, kami dari pemerintah desa sangat mendukung kegiatan ini, karena sangat membantu masyarakat dalam pembangunan didesa, dengan harapan kami kepada anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dapat memanfaatkan program yang saat ini untuk membantu peningkatan penghasilan masyarakat.

BACA JUGA :   Kapolri Keluarkan Telegram Berangus Premanisme, Ini 5 Hal Yang Harus Dijalankan Kapolda

Sementara dari fasilitator Kelurahan (Faskel), Hendra menuturkan bahwa pelatihan ini merupakan lanjutan untuk menajamkan program kegiatan Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) sehingga dalam mengimplementasikan dilapangan, sehingga terlaksana dengan baik sesuai dengan petunjuk tehnis yang ada.

Tujuan program ini merupakan program unggulan di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran pusat, untuk meningkatkan prasarana di Desa dan Kelurahan yang pengerjaan secara swadaya masyarakat bersifat padat karya guna memberikan penghasilan masyarakat.

BACA JUGA :   SDN 16 Lawang Kidul Bagikan Pengumuman Kelulusan

Pada tahun 2021 untuk Kecamatan Lawang Kidul hanya ada dua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bersatu Desa Tegal Rejo dan KSM Sejahtera Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul dengan anggaran Rp. 985.000.000,- per KSM untuk digunakan rehab fasilitas jalan setapak dan drinase yang dianggap sudah rusak dan layak diperbaiki, pungkasnya. (M Umar)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas