Ketua LAKI Minta Pemerintah Aceh Tindak PNS Rangkap Jabatan

oleh -292.489 views
LAKI

IDUL FITRI

Aceh Timur I Realitas – Ketua Laskar Anti korupsi Indonesia (LAKI), Saiful Anwar meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur tindak tegas Aparatur Sipil Negara (ASN) diduga rangkap jabatan di Desa Matang Pineung.

Dalam Prihal ini Sangat berdampak buruk bagi masyarakat, menyalahgunakan wewenangnya.

REALITAS TV

Di dalam Pasal 208 ayat (2), Pasal 277 ayat (2), Pasal 327 ayat (2) dan Pasal 378 ayat (2) UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD mengenai pasal itu melarang rangkap jabatan anggota parlemen di beberapa bidang seperti lembaga pendidikan dan akuntan publik, ujar Saiful Anwar kepada Wartawan Kamis (3/6/2021).

Lebihlanjut Saiful Anwar mengatakan di Aceh Timur sendiri konflik di Desa kepentingan bisa terbilang cukup tinggi dan terjadi di beberapa instansi terutama di pemerintahan.

Misalnya saja seorang PNS pejabat di Pendidikan yang juga menjabat Sebagai BPD Di Desa di beberapa Kecamatan.

BACA JUGA :   Breaking News: Diduga Akibat Pemberitaaan Pemred Media Online di Tembak OTK

Hal semacam ini berpotensi mengakibatkan terjadinya penyalahgunaan wewenang dan berpotensi untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Untuk itu harus ada upaya penanganan dan pencegahan dari konflik kepentingan tersebut ujarnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai konsep dan cakupan dari rangkap jabatan itu sendiri, pertama saya Sebagai Ketua (LAKI) Laskar Antikorupsi Indonesia , Saiful Anwar Mengatakan tentang itu konflik kepentingan dan rangkap jabatan.

Dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan Pasal 1 ayat 14 disebutkan bahwa konflik kepentingan adalah kondisi pejabat pemerintahan yang kepentingan pribadi untuk menguntungkan diri sendiri dan/atau orang lain dalam penggunaan wewenang, sehingga dapat mempengaruhi netralitas dan kualitas keputusan dan/atau tindakan yang dibuat dan/atau dilakukannya.

Sedangkan rangkap jabatan adalah dua atau lebih jabatan yang dipegang oleh seseorang dalam pemerintahan atau organisasi BPD, seperti Inisial HB Di Desa Matang Pineng, Kedua hal ini sangatlah berkesinambungan, dimana ada rangkap jabatan pasti akan konflik kepentingan di dalamnya Desa.

BACA JUGA :   Lewat Konferensi Pers PP Permikomnas Minta Dirut BPJS Kesehatan Segera Dicopot

Ormas LAKI Dpc aceh timur , Saiful Anwar menjelaskan data Rekap Jabatan Pegawai Negeri Dan Berjabat Lagi Perangkat Di Desa , merangkap jabatan sebagai pelayanan publik.

Rangkap jabatan juga berasal dari beberapa instansi mulai dari PNS, Lembaga BPD Dan Perangkat Desa, hingga akademisi di perguruan tinggi negeri.

Misalnya, Tata Usaha Pendidikan Sebagai PNS terdapat menjabat pula sebagai Kepala BPD Desa mantang pineung, kecamatan darul aman kabupaten aceh timur juga ada beberapa PNS Lain Seperti Pegawai Pukesmas berjabat Lagi sebagai perangkat desa di desa matang pineng.

Menurut saya bisa dilihat rangkap jabatan lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

BACA JUGA :   Ala Pak Pos Sambut HUT Kota Medan ke 431 Tahun

Dikhawatirkan juga pejabat PNS atau Lembaga Pemerintah yang Lain nya dalam rangkap jabatan tersebut tidak dapat bekerja semaksimal mungkin karena terikat dengan jabatan lain.

Untuk itu untuk mencegah atau mengurangi konflik kepentingan dilakukan beberapa cara seperti kode etik,pelatihan, arahan serta conseling yang memebrikan contoh untuk mengatasi situasi-situasi konflik kepentingan, melakukan arahan, pengawasan atau memberikan kesempatan kepada orang lain dengan melaksanakan seleksi rekanan atau penerimaan pada masyarakat yang lebih berkompoten. Jelas saiful Anwar.

Awak media monologis saat dikonfemasi pak Rahmat Sebagai Pegawai Perwakilan Cabang Pendidikan Provinsi Aceh mengatakan kami udah mengintruksikan kepada PNS Sekalah SMA Dan SMK Tidak boleh rakap jabatan, kalau ada pns kami rakap jabatan pada itansi yang lain maka psn kami tanggung sendiri jangan libat kami. Ungkapnya. (Zulham)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas