Berantas Aksi Premanisme, Polda Aceh Amankan 32 Pelaku di 15 Lokasi

oleh -161.579 views
Polda Aceh Tetapkan 4 Tersangka Penjualan Emas Tidak Sesuai Kadar
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si.

Banda Aceh I Realitas – Polda Aceh Bongkar aksi premanisme di 15 lokasi di sejumlah kabupaten dan kota. Dalam penindakan itu, polisi menangkap 32 terduga pelaku dan menyita sejumlah barang bukti.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh Komisaris Besar Winardy menuturkan, penindakan itu bertujuan mengantisipasi praktik premanisme di pasar, tempat wisata dan sejumlah tempat keramaian lainnya.

Kabid Humas Polda Aceh mengatakan 15 lokasi dugaan premanisme yang dibongkar polisi, yaitu di Banda Aceh 8 lokasi, Lhokseumawe 2 lokasi, Aceh Tamiang 2 lokasi, Aceh Barat 1 lokasi, dan Subulussalam 2 lokasi. Dari semua tempat itu, polisi menangkap 32 terduga pelaku.

BACA JUGA :  Kejari Banda Aceh Periksa Empat Pj Disdik Terkait Pelaksanaan Pelatihan Guru

“Barang bukti berupa 1 kendaraan roda empat, 1 kendaraan roda dua, 4 telepon seluler, 2 rekaman video di lokasi, 1 senjata tajam, 195 kwitansi, dan uang dengan jumlah Rp.6.142.500,” kata Kabid Humas Polda Aceh, Rabu (16/6/2021).

Kabid Humas Polda Aceh mengatakan terduga pelaku yang ditangkap saat ini sedang diperiksa. Menurutnya, mereka punya kemungkinan untuk dibina dan diselesaikan dengan restorative justice (keadilan restoratif). “Tergantung sejauh mana keterlibatannya,” tuturnya.

BACA JUGA :  M Nasir Djamil Anggota DRP RI Komisi III: Pusat Harus Serius Majukan Kuala Langsa

Polda Aceh dan jajaran, berkomitmen menindak semua praktik premanisme sesuai arahan Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Dia berharap semua pihak melaporkan kalau melihat, mengalami, atau bahkan menjadi korban premanisme.

“Nanti akan kami cari solusi akar masalah premanisme. Kenapa bisa terjadi? Kemudian kamu lakukan penanggulangan masalahnya dari hulu sampai ke hilirnya.

Yang penting laporkan kepada kami, karena tidak ada ruang untuk premanisme, negara tidak boleh kalah sama preman,” sebutnya. (*)