Anggota DPD Minta Pemulangan Nelayan Aceh di Thailand Dipercepat

oleh -115.489 views

IDUL FITRI

Banda Aceh I Realitas – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh M Fadhil Rahmi meminta pemerintah pusat membantu percepatan pemulangan nelayan Sabang, Aceh yang telah diselamatkan pihak otoritas di Thailand.

“Saya akan coba berkomunikasi dengan pihak terkait di pusat supaya proses pemulangan nelayan tersebut bisa dipercepat,” kata M Fadil Rahmi yang dihubungi dari Banda Aceh, Senin (21/6/2021).

BACA JUGA :   Kehadiran TNI & Polri Bikin Warga Kaget Ada Apa Sebenarnya

Sebelumnya, nelayan asal Sabang, Aceh Ade Elfikar (40) diselamatkan oleh kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) area 3 di wilayah pulau Racha Selatan, Pulau Phuket, Thailand.

Nelayan Sabang tersebut terdampar ke Thailand, karena mengalami kerusakan pada mesin perahu yang dinakhodainya seorang diri saat melaut secara tradisional.

Setelah diselamatkan Bakamla, ia harus menjalani perawatan di RS Wachira, Phuket. Ade mengalami syok dan kondisinya lemas setelah terapung delapan hari di laut lepas.

BACA JUGA :   YLBHIM-Aceh Siap Beri Perlindungan Hukum Bagi Seluruh Lapisan di Aceh

Fadhil menyampaikan, untuk membantu pemulangan nelayan itu dirinya akan berbicara dengan pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, sehingga proses administrasi bisa dipercepat.

Menurut Fadhil, nelayan itu bisa dipulangkan cepat karena bukan bermasalah dengan hukum atau tidak melakukan illegal fishing, melainkan terkena musibah akibat cuaca buruk saat melaut, sehingga terdampar ke Thailand.

BACA JUGA :   Polres Langsa Ungkap Pelaku Pembunuhan Mayat Dalam Karung

“Maka dari itu kami minta prosesnya dipermudah, dalam hal ini masalah administrasi seperti paspor (SPLP) dan lain sebagainya,” kata Fadhil Rahmi.

Sejauh ini, Konsulat RI Songkhla telah menyurati Wali Kota Sabang perihal ditemukan nelayan tersebut, kemudian pemerintah setempat diminta mengabarkan keluarga nelayan bersangkutan. (*)

Sumber: Ant

UPDATE CORONA