Polisi Tangkap Kurir Sabu Jaringan Internasional, Malaysia-Aceh-Sumut

oleh -157.489 views
Polisi Tangkap Kurir Sabu

IDUL FITRI

Medan I Realitas – Polisi tangkap kurir Sabu jaringan internasional yakni Malaysia – Aceh – Sumut (Medan), 40 Kg Sabu Disita

Personel Unit Idik III Satres Narkoba Polrestabes Medan, berhasil menangkap seorang kurir Sabu.

REALITAS TV

Dalam penangkapan itu, selain mengamankan tersangkanya petugas juga turut menyita 40 Kg Narkoba jenis sabu-sabu, 1 unit mobil Kijang Innova warna hitam BM 1982 NC, 2 unit handphone serta 1 lembar kartu ATM BCA sebagai barang buktinya.

Kini kurir Narkoba jenis sabu-sabu yang berhasil terungkap dari hasil pengembangan yang sebelumnya tertangkap tersangka berinisial, SE, MJ dan, IS yang sudah diamankan sebelumnya itupun telah dijebloskan ke dalam sel tahanan Mapolrestabes Medan, terkait barang haram itu

Sedangkan sang bandarnya masih dalam pengejaran petugas.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko didampingi, Dir Narkoba Poldasu, Kombes Pol Wisnu Adji, Kabid Humad Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Waka Polrestabes, AKBP Irsan Sinuhaji, Kasat Narkoba, Kompol Oloan Siahaan SIK dan Kanit Idik/III, Iptu Irwanta Sembiring dalam keterangannya, kepada sejumlah Wartawan Senin (24/05/2021).

Menyebutkan kalau personel Satres Narkoba Polrestabes Medan, pada 28 April 2021 kemarin mendapat informasi adanya seseorang yang membawa sabu dengan mengendarai mobil bernomor polisi BM 1208 DO sedang melintas di kawasan Jalan Binjai KM 15, Kelurahan Diski, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Mendapat informasi itu, tim langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan mobil tersebut. Saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan 40 bungkus diduga sabu-sabu yang disembunyikan di kotak ban serap yang sudah dimodifikasi, “ungkap Kombes Riko.

BACA JUGA :   Kasus Penembakan Jurnalis di Simalungun, Poldasu Terus Kejar Pelaku

Begitu diamankan, tersangka MH (37) warga Batangkuis, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut inipun tak bisa mengelak dan mengakui kalau ia hanya bertugas mengantarkan sabu dari Aceh Utara menuju ke kota Medan.

“Tersangka mengaku tidak mengenali jaringannya. Tapi kuat dugaan ini sindikat internasional yakni Malaysia – Aceh – Sumut (Medan), “jelasnya. Dalam pengakuannya sebut Kapolrestabes, tersangka MH ini sudah 4 kali menyelundupkan sabu dari Aceh ke Medan.

Pengiriman pertama 17 Kg sabu, ke dua 20 Kg sabu, ketiga 15 Kg sabu dan terakhir 40 kg sabu. Jika berhasil mengantarkan sabu itu ke tujuan, tersangka MH diupah Rp 10 juta/Kgnya.

BACA JUGA :   RSUDZA Latih dokter Umum Pemeriksaan Swab Test

“Dalam dua bulan saja tersangka menjalankan tugasnya mengantar sabu dia sudah memperoleh ratusan juta. Karena dia dijanjikan upah Rp 10 juta/Kg sabu yang berhasil diantarnya, “kata Kapolrestabes Medan lagi.

Dalam kesempatan itu, Kapolrestabes mengimbau masyarakat agar sama-sama menyatakan perang terhadap narkotika. Sebab, Medan merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi para bandar untuk mengedarkan Narkotika.

“Medan merupakan salahsatu pangsa terbesar peredaran Narkotika. Selama 11 bulan saya menjabat di Medan, tercatat sudah ada 300 Kg lebih Narkotika yang kita sita, “sebutnya mengakhiri penjelasannya.

Akibat perbuatannya, para tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 114 Ayat 2 Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 Tahuh 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara. (H A Muthallib)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas