Mulai 1 Juni Hingga 14 Juni Malaysia Akan Berlakukan Lockdown

oleh -109.489 views
Malaysia
Ilustrasi

IDUL FITRI

Kuala Lumpur I Realitas – Malaysia akan berlakukan Lockdown Selama terkait virus Corona (COVID-19) dan diberlakukan hanya dua orang masing-masing dari setiap rumah yang diperbolehkan pergi keluar untuk membeli kebutuhan pokok atau mencari layanan medis.

Seperti dilansir media lokal The Star, Senin (31/5/2021), Menteri Senior (Urusan Keamanan) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, menuturkan bahwa aktivitas olahraga dan rekreasional dibatasi pada jogging dan olahraga yang tidak melibatkan kontak fisik. Itu hanya boleh dilakukan pukul 07.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat.

REALITAS TV

Semua izin kerja yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional hanya akan berlaku hingga Senin (31/5) waktu setempat, dan tidak berlaku lagi mulai Selasa (1/6) besok

BACA JUGA :   Jamaah Masjid As Sa'adah Gerebek Lokasi Judi Ketangkasan

Dituturkan Ismail Sabri bahwa selama lockdown, akan ada surat izin perjalanan antardistrik yang dirilis oleh kementerian terkait. “Jika terkait sektor pertanian, kementerian terkait akan mengeluarkan izinnya,” ujarnya.

Bagi orang-orang yang bekerja di sektor publik, hanya kapasitas 20 persen yang diperbolehkan berada di kantor untuk tugas-tugas penting yang tidak bisa dilakukan dari jarak jauh.

BACA JUGA :   Ratusan Santri AFKN Komitmen Papua Bagian Dari Indonesia

Aturan itu tidak berlaku untuk para pekerja garis depan, juga petugas keamanan dan personel pertahanan.

“Untuk layanan non-esensial, 100 persen pekerja sektor publik akan bekerja dari rumah,” ujar Ismail Sabri.

Lanjut Ismail Sabri bahwa kapasitas kehadiran pegawai pada sektor swasta untuk layanan esensial, yang mencakup operasional dan manajemen, dibatasi level 60 persen.

Disebutkan Ismail Sabri bahwa Menteri Tenaga Kerja Senior, Fadillah Yusof, akan memimpin rapat koordinasi dengan kementerian terkait untuk membahas lebih lanjut hal itu.

Ismail Sabri juga menambahkan bahwa taman kanak-kanak (TK) dan tempat penitipan anak tidak akan beroperasi kecuali untuk anak-anak para pekerja garis depan dan anak yang orangtuanya bekerja. Semua TK swasta, juga sekolah internasional dan sekolah untuk anak ekspatriat, tidak diizinkan beroperasi.

BACA JUGA :   Bupati Kotim Saatnya Perkuat Kebijakan Industri Sawit dari Hulu ke Hilir

Lockdown total secara nasional, atau yang disebut perintah pengendalian pergerakan (MCO) ini, merupakan yang ketiga diberlakukan di Malaysia sepanjang pandemi Corona. Lockdown akan berlangsung selama dua minggu yang akan dimulai pada 1 Juni hingga 14 Juni. (Dtc)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas