Gubernur Aceh Nova Iriansyah Dukung IAIN Langsa Menjadi UIN

oleh -160.489 views
Gubernur Aceh

IDUL FITRI

Langsa I Realitas – Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, ST, MT mendukung langkah kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Zawiyah Cot Kala Langsa.

Hal itu ditegaskan Gubernur Aceh saat menerima kunjungan silaturahmi Rektor IAIN Langsa yang berlangsung di Pendopo Gubernur Aceh, Kamis (6/5/2021).

REALITAS TV

“Pada prinsipnya kita Insya Allah mendukung (transformasi), apalagi relevan dengan program Aceh carong dan kita buktikan dalam bentuk kongkrit di BPSDM dengan program beasiswa dan lainnya,”imbuhnya.

“Terhadap support ke IAIN Langsa ini memang suatu niscaya bagi saya, selama tidak berbenturan dengan aturan yang ada,”tambahnya lagi.

BACA JUGA :   Polri Menghimbau Antrean McD Agar Tidak Langgar Prokes

Gubernur Aceh menjelaskan, terkait dengan peningkatan akses mutu pendidikan, Gubernur meminta agar pihak IAIN Langsa dapat mengusulkan program-program tersebut.

“Mudah-mudahan tidak ada aturan yang melarang, nanti secara teknis Bapak-Bapak harus mengajukan permohonannya ke TAPA Pemerintah Aceh, saya disposisi,”tandasnya.

Berkaitan dengan pengembangan lahan yang menjadi salah satu syarat untuk alih status menjadi UIN, Gubernur meminta jajaran Rektorat IAIN Langsa untuk melakukan penjajakan dengan PTPN I.

“IAIN Langsa perlu bangun komunikasi yang efektif dan komunikatif dengan sejumlah pihak, baik denga PTPN I, Pemerintah Daerah Tingkat Dua dan juga Pemerintah Aceh, kita siap memfasilitasi,”pungkasnya.

BACA JUGA :   Innalilahi Ayah Hilda Vitria Meninggal Dunia

Sebelumnya, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyampaikan, di era revolusi industri 4.0, IAIN Langsa tentu perlu melakukan berbagai pengembangan yaitu, penambahan Prodi baru baik S1 dan S2, peningkatan Sumber Daya Manusia ketenagaan, penambahan sarana dan prasarana pendidikan, penerapan manajemen digitalisasi, perlunya integritas keilmuan guna merespon merdeka belajar dan kampus merdeka serta transformasi kelembagaan menjadi UIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

“Tranformasi menjadi UIN, merupakan sebuah tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang natinya kajian keislaman pada perguruan tinggi kegamaan akan terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu lainnya, hal ini sebagai bagian penting upaya kemajuan ilmu-ilmu keagamaan yang aplikatif dan membentuk peradaban masyarakat, “jelas Rektor.

BACA JUGA :   Pertemuan Kabareskrim dan UAH Bahas Isu Sosial dan Hukum di Tanah Air

Pada kesempatan itu, Rektor juga mendukung program prioritas Gubernur Aceh baik program peningkatan SDM yang diaplikasikan dalam program Aceh Carong, program Dinul Islam dan Budaya Aceh.

“Program tersebut penting untuk peningkatan martabat dan mengantarkan Aceh yang unggul dan sejahtera dimasa akan datang,”tukas Rekor seraya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan prorgram Aceh Carong untuk IAIN Langsa. (*)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas