Perdana 2021 Launching Kampung Tangguh di Desa Meurandeh Aceh

oleh -204.489 views
Perdana
Zura Mirdayani Mahasiswi IAIN Langsa

IDUL FITRI

Oleh : Zura Mirdayani Mahasiswi IAIN Langsa

Meurandeh Aceh merupakan salah satu Desa di Kota Langsa yang mulai menunjukkan bakat serta prestasinya.

REALITAS TV

Perdana di Tahun 2021, Launching Kampung Tangguh Aceh di Desa Meurandeh Aceh.

Tujuannya ialah tidak lain untuk memberikan inspiratif kepada masyarakat agar dapat bertahan melawan pandemi Covid-19.

Pernah dikonotasikan sebagai desa dengan zona merah narkoba, kini Gampong Meurandeh Aceh bangkit dari keterpurukan tersebut menjadi Gampong BERSINAR (Bersih Narkoba).

Hal ini pun sudah disetujui oleh Kapolres Langsa dan me Langsa, bahwa Gampong Meurandeh Aceh siap memerangi penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Gampong tersebut.

Bahkan kini Gampong Meurandeh Aceh siap menjadi contoh terhadap gampong-gampong lain di Kota Langsa yang telah hijrah dan berkembang dengan segudang prestasi.

Gelar acara Launching Kampung Tangguh Aceh, Gampong Meurandeh Aceh kembali disorot oleh media online serta mengambil posisi sebagai kebanggaan Kota Langsa karena telah menuntaskan salah satu perintah pemerintah terhadap pengukuhan dan penetapan Kampung Tangguh Aceh.

Acara tersebut digelar pada Selasa, 30 Maret 2021 di Gampong Meurandeh Aceh serta dihadiri oleh beberapa aparatur daerah seperti Bapak Walikota Langsa, yang pada hari itu diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Kapolres Langsa, Dandim 0104 Aceh Timur, Unsur Forkopimda Langsa, dan Unsur Forkopincam Langsa lama.

Kapolres Langsa serta Unsur Forkopimda Langsa ikut turun tangan dalam hal membantu mempersiapkan acara Launching Kampung Tangguh Aceh di Desa Meurandeh Aceh pada H-1 acara.

Tidak hanya itu, antusias masyarakat dalam memeriahkan acara ini juga patut di apresiasikan.

Mulai dari awal perencanaan pengukuhan Kampung Tangguh Aceh hingga pada saat acara di selenggarakan.

Masyarakat Gampong Meurandeh Aceh sangat berantusias dan semangat menyambut gelarnya acara Launching Kampung Tangguh Aceh ini.

Laporan yang disampaikan Ketua Panitia acara Kampung Tangguh Aceh oleh Tengku Asnawi M.A. selaku Geuchik Gampong Meurandeh Aceh, melaporkan bahwa “Gampong Meurandeh Aceh merupakan gampong pemekaran pada tahun 2010.

Gampong ini juga memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang menggali potensi lewat sektor perkebunan, pertanian dan perikanan serta lewat sektor pemanfaatan sumber daya manusia yang telah dijalankan sejak tahun 2015.

Gampong Meurandeh Aceh dipastikan 80% sudah berubah dalam arti hijrah ke dalam hal-hal positif.” Ujarnya dalam pidato pada cara launching kampung tangguh Aceh tersebut.

“Kami datang karna kami bangga dengan segudang prestasi yang telah ditunjukkan dan diberikan oleh Gampong Meurandeh Aceh.” Begitulah ujar Dandim 0104 Aceh Timur dalam pidatonya.

“Saya yakin dan percaya atas kepemimpinan kepala desa dengan ketangguhannya dapat mengakomodir seluruh warga dengan segala ketahanan baik dari segi ekonomi ataupun dari segi kesehatan”. Lanjutnya

Sambutan yang dipaparkan oleh Asisten  I Bidang Pemerintahan Suriyatno AP, MSP  bahwa dalam pidatonya menyampaikan nasehat bahwa “Semua warga wajib mendapatkan hak akses pendidikan, akses kesehatan, ikut serta pelaksanaan pembangunan, melibatkan kaum perempuan dalam askes pembangunan atau kegiatan, ikut melestarikan dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan, mengenbangkan sumber daya yang ada serta mendapatkan pembinaan atau perhatian dari aparatur desa. Gunanya agar seluruh produk yang dihasilkan dapat bersaing dan memiliki daya saing yang tinggi.”

Lanjut dengan pemberian piagam penghargaan Kampung Tangguh Aceh juga menjadi daftar acara pada acara tersebut.

Pemberian penghargaan diberikan sebagai apresiasi Bapak Kapolres Langsa kepada para antusisme yang telah menjadi bagian dari acara Launching Kampung Aceh.

Piagam tersebut diberikan kepada Kapolsek Langsa Timur, Camat Langsa Lama, Kepala Puskesmas Langsa Lama, Geuchik Gampong Meurandeh Aceh, Tuha Peut Gampong Meurandeh Aceh, Bidan Desa Gampong Meurandeh Aceh, Bhabinkhatibmas, dan Bhabinsa.

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro S.H., SIK, MH dalam pidatonya menyatakan from Zero to Hero kepada Gampong Meurandeh Aceh yang mampu bangkit dari keterpurukan.

Kini Gampong Meurandeh Aceh telah memberikan berbagai inspiratif dan menunjukkan prestasi yang dapat di contohkan oleh Gampong lain yang ada di Kota Langsa.

Setelah memaparkan beberapa kata sambutan, Bapak Kapolres Langsa yang didampingi oleh Unsur Forkopimda Langsa juga langsung men-lauchingkan Kampung Tangguh Aceh dengan memukul bedug sebagai tanda bahwa Gampong Meurandeh Aceh resmi untuk menjadi Kampung Tangguh Aceh yang mampu memberikan ketahanan saat pandemi Covid-19.

Dalam acara Launching Kampung Tangguh Aceh tersebut Bapak Asisten I Menteri Pertahann, Kapolres Langsa, Dandim 0104 Aceh Timur, Unsur Forkopimda Langsa, serta Unsur Forkopincam Langsa Lama meninjau beberapa usaha KUBE (Kue Bersama) yang di persembahkan oleh para ibu-ibu aktif dan tangguh di Meurandeh Aceh.

Mulai dari kreasi kerajinan tangan, kue khas, serta beberapa produk lainnya yang sangat menarik dan fantastis.

Setelah itu, Asisten I Menteri Pertahanan, Kapolres Langsa, Dandim 0104 Aceh Timur, Unsur Forkopimda Langsa, serta Unsur Forkopincam Langsa Lama juga meninjau posko isolasi covid-19 di Gampong Meurandeh Aceh.

Asisten I Menteri Pertahanan dan lainnya melihat beberapa fasilitas yang ada yang telah disiapkan oleh Gampong Meurandeh Aceh untuk sigap dalam melawan covid-19.

Selanjutnya, Asisten I Menteri Pertahanan, Kapolres Langsa, Dandim 0104 Aceh Timur, Unsur Forkopimda Langsa, serta Unsur Forkopincam Langsa Lama juga ikut meninjau usaha ternak budidaya ikan lele yang juga ada di Meurandeh Aceh.

Awalnya budidaya perikanan tersebut berawal dari inisiatif Geuchik Meurandeh Aceh yang dibangun untuk membuat masyarakat yang terkena dampak penyalahgunaan narkoba agar mendapatkan perkerjaan yang lebih layak dan dapat meninggalkan pekerjaan haram tersebut.

Namun kini budidaya ternak perikanan telah menjadi lokasi peninjauan Kampung Tangguh Aceh yang berada di Gampong Meurandeh Aceh.

Budidaya perikanan yang ada dalam wilayah tersebut mencakup beberapa jenis perikanan seperti ikan lele,  ikan gurame, serta berbagai jenis ikan lainnya.

Kini Gampong Meurandeh Aceh dapat menjadi contoh bagi gampong-gampong lainnya.

Dengan banyak prestasi dan bakat yang telah dikembangkan, Gampong Meurandeh Aceh menjadi salah satu Kampung Tangguh Aceh yang ada di Kota Langsa.

Mari sama-sama kita mengembangkan dan memberikan segudang prestasi guna untuk mewujudkan gampong yang maju dan ideal

Saya sebagai generasi milenial sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang berbaur positif yang diterapkan oleh masyarakat disetiap desanya.

Semoga Gampong Meurandeh Aceh dapat menjadi salah satu gampong yang menjadi inspirasi untuk gampong-gampong yang ada di kota Langsa.

UPDATE CORONA