IKLAN YARA

Meningkatkan Imunitas Tubuh Dengan Mengonsumsi Jamu di Masa Pandemi

oleh -357.489 views
Meningkatkan
Foto : Fakultas Syariah IAIN Langsa, Mira Audina.
UPDATE CORONA

Oleh : Mira Audina,Fakultas Syariah,Prodi Hukum Ekonomi Syariah,IAIN Langsa.

Dimasa pandemi saat ini setiap individu harus ekstra menjaga kesehatan tubuh, Virus corona  atau severe acute respiratory syndrome coroavirus  2 (SARS-CoV-2) atau sering  disebut virus corona  adalah virus yang menyerang system pernapasan.

Virus menyebabkan gangguan pada pernapasan. Virus menular ke manusia yang bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu,  Setiap individu harus mengantisipasi dengan tetap menjaga imunitas tubuh.

Untuk melaksanakan aktivitas dengan aman dan nyaman saat berada di luar ruangan selama masa pandemi setiap individu di tuntut selalu menjaga imunitas tubuh dan rajin berolahraga agar tubuh tetap fit, Dan di tambah vitamin serta minuman yang dapat menjaga imunitas tubuh dengan minum jamu.

Kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpah ruah dengan berbagai macam tanaman dan pepohonan alam sudah menyediakan apa yang kita butuhkan berbagai jenis  tanaman herbal yang bisa kita jadikan obat herbal.

siapa yang tak kenal minuman tradisional yang sudah lama ada dan sampai saat ini masyarakat masih mengonsumsi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karna itu sudah tidak di ragukan lagi manfaatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

jamu digunakan sebagai obat herbal alami tanpa efek samping, Yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Melansir portal informasi Indonesia, Tradisi minum jamu di perkirakan sudah ada sejak 1300 masehi dan merupakan minuman bersejarah dan tetap ada eksistensinya  sampai sekarang, Kata jamu sendiri berasal dari jawa kuno djampi yang bermakna penyembuhan.

saat ini jamu menjadi incaran masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu mengonsumsi makan-makanan yang bergizi seperti sayur, buah dan menjaga kebersihan lingkungan, rajin cuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak.

Jamu minuman tradisional yang disukai semua kalangan dari orang tua sampai anak-anak, jamu berfungsi menjaga imunitas tubuh dan menjaga kesehatan tubuh  apalagi beberapa hari lagi akan melaksanakan ibadah puasa, Seseorang perlu mempersiapkan imunitas tubuh dan kesehatan menjelang bulan puasa

Di temui di gampong pondok pabrik kota langsa yang mayoritas ibu-ibu penjual jamu yang menjadi tradisi turun-temurun dalam mengolah jamu.

Satu tahun belakangan saat virus covid mewabah di Indonesia, Masyarakat berbondong-bondong mengonsumsi jamu terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Karna  dengan mengonsumsi jamu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan.

“Waktu virus covid mewabah,semua orang  minum jamu dari anak-anak sampai orang dewasa gak seperti biasa ya sebelum ada virus covid 19 ini ada perbedaan karna semua pada antisipasi diri dari virus covid ini” tutur ibu penjual jamu.

Jamu tanaman herbal yang di ekstrak diambil sari patinya dengan cara ditumbuk kemudian diperas, Jamu merupakan  obat herbal rumahan bahan-bahannya pun mudah di temukan, Seperti kunyit, Kencur, Temulawak, Jahe, Jahe merah, Sirih, Pinang dan tanaman herbal lainnya.

Berikut ini manfaat dari bahan-bahan herbal di atas:

  1. Kunyit mengandung seyawa bernama kurkumin, Kurkumin merupakan seyawa yang bersifat anti inflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, Selain itu juga juga berguna sebagai antivirus dan anti bakteri serta menjadi prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus kita dan induk kunyit bagus untuk penderita lambung karna pati induk kuyit tersebut dapat menutupi luka pada lambung.
  2. Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia galangal L dalam rimpang kencur terdapat senyawa yang sangat penting kandungan seyawa itu antaranya berupa unsur mineral 13,73 persen, Zat tepung atau pati 4,14 persen, Dan minyak atsiri sekitar 0,02 persen, Ekstrak kencur juga dapat memberikan efek antimilasi, Antioksidan dan bersifat analgesic(pereda nyeri).
  3. Temulawak memiliki kandungan nutrisi seperti protein, Lemak, Serat, Dan curcumin dan memiliki kandungan mineral seperti kalsium, Zat besi, Magnesium, Dan mangan mengonsumsi temulawak untuk meningkatakan nafsu makan dan menjaga kesehatan pencernaan.
  4. Jahe memiliki kandungan gingerol yang mampu menangkal virus dan menghambat infeksi bakteri dan membantu mengatasi pilek dan flu, Minuman yang berbahan jahe dapat kita temui di minuman badrek yang membuat badan terasa hangat.
  5. Jahe merah memiliki rasa pedas lebih tajam karena mengandung minyak atsiri, Gingerol dan zingeron nya lebih tinggi , Jahe merah bagus di konsumsi sebagai imunomodulator terhadap covid-19 yang dapat mencegah masuknya bakteri atau virus ke dalam tubuh.
  6. Sirih merupakan tanaman herbal yang kaya manfaat dan kegunanan, Daun sirih mengandung kadar air yang sangat tinggi dan mengandung minyak atsiri dan kompenen kimiawi seperti chavicol, Betel phenol, Eugenol, Terpene, Dan campene dan dapat menyembuhkan  berbagai penyakit seperti mengobati gangguan penapasan dan antiseptic.
  7. Pinang sama seperti hal nya sirih pinang juga merupakan tanaman herbal yang dapat megobati berbagai macam penyakit, Kandungan beragam nutrisi, Seperti: Protein, Lemak, Karbohidrat kompleks, Zat besi, Vitamin B kompleks, Kalsium, Fosfor, Kalium, Antioksi dan termasuk flavonoid dan polifenol yang bermanfaat dapat menyembuhkan penyakit seperti menjaga kebersihan mulut, Melancarkan pencernaan dan menurunkan tekanan darah rendah.

Begitu banyak manfaat tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, Melansir health.kompas.com, Tanaman herbal atau jamu merupakan minuman herbal yang baik dikonsumsi saat masa pandemi saat ini fungsi ya meningkatkan imunitas tubuh, Menjaga kekebalan tubuh agar virus yang saat ini mewabah tidak dapat masuk ke tubuh. Dengan mengonsumsi jamu bukan sebagai obat dari virus covid 19 akan tetapi lebih baik mencegah daripada mengobati.