Generasi Gadget Wajib Mengetahui Pondasi Agama

oleh -355.489 views
generasi
Ulvia Rahmi Mahasiswi Prodi PGMI IAIN Langsa

IDUL FITRI

Oleh : Ulvia Rahmi Mahasiswi Prodi PGMI IAIN Langsa

Milenial atau sering disebut dengan generasi Y merupakan generasi  yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembangunan bangsa atau negeri tercinta ini.

REALITAS TV

Selanjutnya  ada generasi Z yaitu generasi yang lahir setelah generasi Y. Generasi yang sudah sangat mengetahui tentang teknologi atau bisa disebut dengan generasi internet. Mereka yang selalu terhubung dengan dunia maya dan melakukan sesuatu dengan kecanggihan teknologi yang modern.

Teknologi informasi (TI) merupakan  istilah umum dari teknologi dalam membantu manusia dalam membuat, membantu, menyimpan serta menyebarkan informasi penting ke media sosial supaya semua orang di dunia tahu.

Karena zaman sekarang yang serba sudah canggih tidak ada halangan untuk generasi penerus bangsa atau generasi Z untuk mengetahui pondasi agama, pengajian sangat penting bagi generasi Z sekarang supaya tidak terjerumus ke dalam hal yang tidak baik.

Anak merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa, ataupun titipan oleh sebab itu sebagai orang tua harus mendidik dan membimbing anaknya yang jalan yang baik. Anak yang baru lahir bagaikan kertas putih ataupun kertas putih tanpa noda, belum ada warna-warni dikertas tersebut.

Oleh karena itu, kita sebagai orangtua menawarkan kertas putih tersebut dengan warna-warna yang lebih  mendominasi ilmu agama.Karena di zaman yang semakin canggih banyak anak-anak sudah tidak mempedulikan tentang agama lagi karena sudah sibuk dengan gadget.

Generasi
keterangan foto, anak anak yang lagi belajar mengaji/Foto Ist

Gadget merupakan sebuah alat elektronik yang berukuran kecil yang mudah di bawa ke mana saja.

Gadget merupakan alat untuk berkomunikasi, dengan adanya gadget memudahkan orang untuk berkomunikasi dengan keluarga yang jarak jauh.

Selain memudahkan untuk berkomunikasi juga bisa untuk menambahkan wawasan bagi seseorang.

Walaupun gadget mempunyai fungsi yang baik tetapi gadget juga berdampak negatif, oleh sebab itu sebagai pengguna gadget harus tau sisi negatif dan positif dalam penggunaan gadget.

Oleh karena itu, dalam penggunaan gadget ini apalagi untuk kalangan anak-anak harus  lebih baik ke segi positif, kenapa?  

Karena dalam penggunaan gadget ke arah positif anak-anak bisa menonton youtube dengan video-video yang berkaitan tentang agama. Sebelum mengenal agama terlebih luas, kita perlu melakukan pendidikan terlebih dahulu.

Pendidikan adalah suatu pondasi dalam hidup  yang harus dibangun sebaik mungkin.

Disaat anak-anak menghafalkan pondasi agama dan i’tika 50. pondasi agama yang merupakan rukun Islam sedangkan i’tika 50 sempurnakan agama. barang siapa yang tidak i’tika 50 agama runtuh Islam tidak sempurna. Oleh karena sebagai generasi Z atau penurus bangsa wajib mempelajari tentang agana

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa dan agama nantinya, oleh karena itu anak-anak harus banyak belajar ke arah positif, apalagi dengan usia dunia yang semakin tua, oleh karena itu perbanyak belajar agama.

Pendidikan agama adalah suatu pendidikan yang dasar, menengah dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama.

Agama merupakan suatu kepercayaan  yang di anut  bagi setiap orang dan keyakinan ataupun peribadatan kepada Allah SWT. Kita sebagai umat muslim tentu menganut agama islam.

Islam merupakan suatu agama  dari kelompok agama lainnya yang diterima oleh seorang nabi untuk menyampaikan Wahyu dari Allah SWT kepada umat Islam.

Sebagai umat muslim kita harus banyak mengetahui tentang ilmu agama dan peraturan agama.Untuk mengetahui itu kita wajib menuntut ilmu.

Wajib merupakan harus dilakukan dan dilaksanakan.  Karena menuntut ilmu ialah suatu usaha  yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah perilaku untuk lebih baik lagi, karena pada dasarnya ilmu menunjukkan  jalan menuju kebenaran dan meninggalkan kebodohan. Dalam agama islam menuntut ilmu itu wajib supaya kita mengenal maha pencipta yaitu Allah.

Untuk mengenal Allah terlebih dahulu kita  harus mengenal diri, untuk mengetahui siapa pencipta- NYA. Oleh karena itu,maka kita wajib menuntut  ilmu akidah(tauhid) dan wajib mengetahui i’tika 50. I’tika 50 terdiri dari sifat wajib bagi Allah 20, mustahil 20, yang harus bagi Allah 1, yang wajib bagi nabi (rasul) 4, mustahil bagi nabi (rasul) 4  dan yang harus bagi nabi(rasul) 1. Dengan kita sudah mempelajari ilmu tersebut,maka kita sudah mengenal Allah (pencipta diri sendiri).

Sebagai generasi gadget sesudah mengenal Allah dan diri sendiri selanjutnya harus mengetahui pondasi agama.

Rukun islam adalah pondasi agama atau tiang agama yang wajib diamalkan. Sebagai seseorang muslim jika menjalankan rukun Islam.

Pertama. Dua kalimat syahadat wajib diamalkan oleh setiap muslim, karena kalimat syahadat merupakan bentuk kesaksian kita bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan nabi Muhammad Saw merupakan  utusan Allah SWT. Kalimat syahadat harus diucapkan secara lisan bagi seseorang yang masuk Islam (mualaf).

Kedua. Salat merupakan kewajiban bagi setiap muslim dalam menjalankan ibadahnya dalam melakukan kewajiban sebanyak 5 waktu.

Ketiga. Puasa merupakan ibadah dalam menahan hawa nafsu yang memiliki banyak hikmah.

Keempat. Zakat merupakan pembersihan harta, dengan cara memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan.

Kelima.  Naik haji bagi yang mampu yang merupakan rukun Islam yang terakhir. Allah SWT mengundang umatnya bagi yang mampu untuk melakukan ibadah haji ke Mekkah di bulan Dzulhijjah. Dan bagi orang yang tidak mampu dapat merayakan hari raya kurban atau idul Adha.

Sebagai orang tua harus mengajarkan kepada generasi Z untuk membiasakan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-NYA. Dari 5 rukun Islam sebagai orang tua harus menanamkan kepada anak-anaknya sejak dini agar nanti tidak melenceng dari pondasi agama.

Karena kalau tidak membiasakan dari dini nanti ketika dewasa sudah susah menerapkan kebiasaan itu, karena suatu perbuatan yang dilakukan alah bisa karena biasa. Apalagi pada zaman sekarang anak-anak sudah sibuk dengan gadget sehingga saat susah untuk di didik.

Game  menjadi peran utama di kalangan anak-anak sehingga menjadi hambatan ketika di ajarkan pengetahuan lain. Anak sekarang sudah susah diatur dan daya ingatnya lambat karena sudah di pengaruhi oleh gadget. Oleh karena itu peran orangtua dalam mendidik dari dini supaya tidak terbiasa dengan gadget sangatlah penting.

Oleh karena itu,orang tua berperan penting dalam mendidik anak, apalagi ibu yang merupakan madsarah sawiyah bagi anak.

Anak yang merupakan anugerah dari Tuhan dan kita sebagai hamba harus menjaga titipan-NYA, dan anak yang baru lagi bagaikan kertas putih tanpa noda.

sebagai generasi penerus ataupun generasi Z yang hidup di zaman modern dengan teknologi canggih semua serba teknologi harus bisa memilah dalam penggunaan gadget.

Pengguna lah gadget untuk kepentingan ke arah positif, karena gadget membantu kita dalam melakukan pendidikan.

Sebagai umat muslim saat melakukan pendidikan tiang dari agama jangan sampai di tinggalkan. Pendidikan yang di tuntun harus seimbang baik itu pendidikan dunia maupun pendidikan akhirat. (*)

UPDATE CORONA