Gawai Toxic di Era Milenial

oleh -150.489 views
Era
Foto : Qurraita Ayun Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa

IDUL FITRI

Oleh : Qurraita Ayun Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.

Era atau zaman yang sedang berlangsung sekarang ini merupakan zaman sekelompok orang yang lahir setelah generasi x. Era milenial sendiri mewariskan generasi atau keturunan yang melek akan teknologi serta kecakapan komunikasi yang lebih modern disebut dengan generasi milenial.

REALITAS TV

Generasi milenial kini menjadi sebuah topik hangat di kalangan masyarakat, generasi milenial orang yang lahir pada tahun 1980-an sampai dengan tahun 2000-an.

Orang yang lahir pada era milenial berbeda dengan generasi sebelumnya, kini generasi milenial dan  teknologi modern juga sudah menjadi seperti sahabat yang tak bisa dipisahkan.

Adapun teknologi yang sedang digandrungi pada era milenial sekarang ini yaitu gawai atau gadget.

Gawai atau gadget sendiri merupakan sebuah alat komunikasi modern yang mempunyai fungsi dan fitur yang mempermudah berkomunikasi bagi generasi milenial di era milenial sekarang ini.

Kemudian gawai atau gadget juga di dorong dengan aplikasi-aplikasi atau media sosial yang kekinian seperti whatsapp, instagram, facebook, tiktok dan game online salah satun yang kini sedang marak dimainkan.

Selain melek ditengah teknologi yang canggih pada era milenial sekarang ini, generasi milenial juga melekat dengan istilah-istilah salah satunya seperti toxic in relationship atau hubungan yang beracun. Toxic sendiri memiliki arti yaitu racun sedangkan dalam bahasa ilmiahnya toxic sendiri memiliki arti sebuah zat yang menimbulkan efek yang fatal.

Kini istilah toxic di era milenial sekarang bukan hanya sebuah racun di dalam sebuah hubungan saja atau dalam zat tetapi dalam kehidupan sehari-hari pada era milenial sekarang yaitu toxic gawai atau gadget yang berarti gawai ini sedang meracun di era milenial.

Mulai dari  kegiatan kehidupan sehari-hari, aktivitas kerja bahkan sekolah teracuni oleh gawai atau gadget tersebut.

Gawai atau gadget kini sedang mentoxic generasi milenial, selain generasi milenial gawai atau gadget juga mentoxic berbagai kalangan orang mulai dari yang tua, remaja bahkan anak-anak kini tengah ditoxic oleh gawai atau gadget tersebut.

Pemandangan orang bermain gawai atau gadget di era milenial kini bukanlah sesuatu hal yang aneh lagi dimata kita, para pengguna gawai atau gadget menganggap seperti dunia sudah menjadi miliknya sendiri akibat dari toxic gawai atau gadget tersebut.

Misalkan saja ditempat umum seperti warung kopi mereka duduk dan menunduk menatap gawai atau gadgetnya masing2, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terpaku akan gawainya tersebut.

Akibat dari toxicnya gawai atau gadget yang menyebar di era milenial,  banyak yang menyalahgunakan gawai atau gadget seperti membuka situs-situs yang dilarang ataupun kecanduan bermain game online seperti ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sampai lupa waktu.

Saat bermain gawai atau gadget ini juga bisa menyerang kesehatan misalkan saja radiasi dari layar gawai atau gadget tersebut dapat mengganggu sistem saraf.

Selain itu toxic dari gawai berlebih bisa membuang waktu sia-sia jika kita tidak menggunakannya dengan baik, ini akan membuat kita kecanduan akan gawai atau gadget tersebut.

Sebaiknya kita perlu banyak beristirahat dari gawai atau gadget tersebut, agar kesadaran kita meningkat ketika toxic gawai atau gadget tersebut semakin membuat kita lebih candu.

Adapun hal Positif dari toxicnya gawai atau gadget ini dapat memudahkan orang dalam berkomunikasi, mudah memperoleh informasi, menambah wawasan serta menambah jangkauan pertemanan.

Untuk menyikapi terjadinya toxic gawai di era milenial, sebaiknya kita sebagai penggunaan gawai atau gadget lebih berhati-hati dalam menggunakannya dan tetap berpikir cerdas serta bijaklah saat toxic gawai ini sedang berlangsung.

Melihat era milenial sekarang orang tua juga harus pandai menyikapi toxic gawai di era milenial sekarang, orang tua harus lebih cekatan dan terampil dalam memperhatikan anak-anak mereka dan selalu mengawasi anak mereka. 

UPDATE CORONA