Dua Mobil Bermuatan BBM Jenis Solar Diamankan Tim Intel Lantamal 1

oleh -346.489 views
Tim Intel Lantamal 1

IDUL FITRI

Belawan I Realitas – Tim Intel Lantamal 1 Belawan mengamankan 2 (dua) unit mobil tangki bermuatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar industri dan diduga tidak dilengkapi dokumen resmi (ilegal) pada Sabtu, 17/04/2021 menimbulkan tanda tanya berbagai pihak.

Mobil tangki bermuatan BBM jenis solar industri dengan nomor plat BK 8591 EO milik PT Muti Mandiri dan BK 8592 EO milik Elnusa Petrofin PT Pertamina diamankan dari Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB) Jalan Gabion, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

REALITAS TV

“Mengenai mobil tangki bermuatan BBM jenis solar masuk ke Gabion bukan hal baru dan mengenai status minyaknya ilegal atau legal kurang mengetahui, karena setiap mereka masuk pos PPSB yang dijaga oleh pegawai Kantor PPSB tidak dilakukan pemeriksaan sesuai peraturan berlaku, tetapi mereka cukup membayar uang pos sudah bisa mengedarkan minyaknya kesetiap gudang yang membutuhkan”, ucap B Hermanto (59) warga Labuhan yang bekarja di areal PPSB pada Kamis, (22/04/2021).

Mobil tangki pengakut BBM jenis solar masuk ke PPSB berdasarkan pesanan dari pemilik Kapal (orang kepercayaan pemilik kapal) dan biasanya untuk kebutuhan operasional kapal ikan pukat trawl dan kapal ikan lainnya yang akan melaut.

“Setahu saya Mobil tangki pengangkut BBM jenis solar kalau masuk ke PPSB Jalan Gabion Belawan wajib menggunakan rekom yang dikeluarkan dari Kantor PPSB, BBM yang berasal dari PT Pertamina melalui anak perusahaannya Elnusa Petrofin sebagai operasional angkutannya wajib menggunakan DO dan di DO tersebut tertulis jelas nomor plat kenderaan, jenis BBM, berapa muatannya, kemana tujuannya serta siapa supirnya”, lanjutnya.

PPSB sudah menyediakan lahan sesuai atauran yang berlaku untuk menjadi Agen Penyuplai Minyak Solar (APMS) untuk memenuhi kebutuhan BBM jenis solar baik itu minyak Subsidi maupun industri terhadap kapal ikan, tetapi suatu gudang dan peruntukannya untuk kebutuhan operasional kapal ikan yang ada digudang itu sendiri (tidak diperjual belikan kepada kapal ikan yang ada digudang lain).

“Pertanyaannya;

1. BBM jenis solar yang diangkut menggunakan mobil tangki mengatas namakan PT (transportir) tergolong resmi atau tidak.
2. Rekom yang dikeluarkan dari Kantor PPSB dan Standar Operasional Prosedur (SOP) nya seperti apa ?.
3. Petugas PPSB yang melakukan pengutipan kesetiap angkutan seperti mobil Angkutan Umum (Angkot), Pick up, Truk dan Tangki tujuannya untuk apa.
4. Bolehkah kapal ikan menggunakan alat tangkap Trawl yang dilarang pemerintah mendapatkan rekom (mengorder BBM jenis solar dari pihak luar.
5. Mengapa APMS dapat berdiri dalam suatu Gudang dan minyak untuk memenuhi kebutuhan kapal ikan yang ada di gudang tersebut”, tegasnya.

Ketika awak Media akan mengkonfirmasi Dan Tim Intelijen (Dantim Intel) Lantamal 1 prihal tersebut dikantornya Jalan Veteran Belawan oleh petugas jaga mengatakan, Komandan lagi keluar. “Bapak sedang ada tugas keluar”, jawab Petugas Jaga. (Win).

UPDATE CORONA