SMK Negeri Perikanan Simeulue Barat : Lakukan Penebaran Benih Udang Vennamei Diwadah Budidaya

oleh -194.489 views
Barat

IDUL FITRI

Simeulue  I Realitas – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Perikanan Simeulue Barat, Kabupaten Simeulue, lakukan penebaran Benur Udang Vennamei (Litopenaeus vannamei) di wadah budidaya.

Ketua Program Study Keahlian Perikanan Zul Radmi, S.Pi menyampaikan kepada MediaRealitas.com, bahwa pelaksanaan penebaran bunur udang Vannamei ini dilakukan Perdana yang lansung dilepas oleh Kepala Cabang Pendidikan Simeulue (kacapdin) Al Amin, S.Pd, didampingi Kasi Manajemen GTK dan Mutu Kesiswaan Sri Mulyana, dan Kepala Sekolah Afdalisa Liharjo, SE, pada Selasa (30/3/2021).

REALITAS TV

Benur udang yang ditebar Perdana ini jumlahnya mencapai lebih kurang 25 ribu ekor, jika penebaran benur udang berhasil dan memuaskan. Nanti kedepannya akan Penebaran benur lebih banyak lagi.

SMK Negeri Perikanan Simeulue Barat memiliki 3 spesies unggulan yaitu ikan Nila bidang pembenihan dan pembesaran, Lele Sangkuriang pembenihan dan pembesaran dan Udang Vennamei merupakan sepesies yang perdana dilakukan. Untuk awal ini hanya fokus pada kegiatan pembesaran bibit.

Selanjutnya dengan adanya 3 spesies unggulan ini, SMK Negeri Perikanan Simeulue Barat menerapkan pendidikan berbasis pembelajaran Teaching Factory yakni model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. 

Teaching Factory menjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan di sekolah dan kebutuhan industri. Teaching Factory  merupakan pengembangan dari unit produksi yakni penerapan sistem industri mitra pada unit produksi yang telah ada di SMK.

Selanjutnya Unit produksi pengembangan bidang usaha/produksi disekolah selain untuk menambah penghasilan sekolah juga dapat digunakan dalam upaya pemeliharaan peralatan, peningkatan SDM, dan kegiatan sekolah lainnya, juga untuk memberikan pengalaman kerja yang benar-benar nyata pada siswa.

Kacapdin Simeulue Al Amin, S.Pd, mengatakan dengan program produksi spesies yang baru ini, bisa meningkatkan mutu dan kualistas siswa sesuai dengan bidang kehaliannya dan sekolah kejuruan ini bisa maju dan berjaya.

Kepala Sekolah Afdalisa Liharjo, SE, mengatakan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah kejuruan ini kita harus bekerja keras. Walaupun serba kekurangan peralatan untuk produksi, dengan dukungan dari pemerintah dan semangat guru-guru, kita yakin akan berhasil.

Selanjutnya kepala sekolah barharap dengan program Teaching Factory  ini bisa menjadi daya tarik dan faforit para pelajar yang ada di Kabupaten Simeulue serta bisa menghasilkan alumni yang mampu bersaing pada dunia kerja yang kreatif dan inovatif untuk di masa mendatang. (Zulfadli)

UPDATE CORONA