Petugas LP Kls IIA Banda Aceh Gagalkan Pemasukan Sabu ke Lapas

oleh -749.489 views
Petugas

IDUL FITRI

Banda Aceh I Mediarealitas.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan LP Kelas IIA Banda Aceh Gagalkan Pemasukan Sabu ke Lapas.

Petugas Lapas (LP) Kelas IIA Banda Aceh yang lagi menjalankan piket Sabtu sore (27/3/2021), berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam Lapas (LP) tersebut oleh seorang pengunjung.

REALITAS TV

Kepala Lembaga Pemasyarakatan LP Kelas IIA Banda Aceh, Drs Said Mahdar, S.H, menyebutkan, tamu atau pengunjung berkelamin laki-laki itu pada pukul 16.30 WIB, datang naik sepeda motor, seorang diri dengan membawa sikat (brush) gigi tipe kristal (bergagang plastik keras), ujar Said Mahdar kepada sejumlah awak Media.

Said Mahdar yang juga mantan Kalapas Kls IIB Langsa lebih lanjut menjelaskan, seorang laki laki hendak menitipkan benda tersebut, untuk seorang narapidana (napi) di kamar 6 bernama Khairul bin M Jamil.

Pada saat barang titipan itu diperiksa, petugas memberi tahu bahwa sikat gigi tipe kristal tidak diperbolehkan masuk ke sel atau kamar napi, ujarnya.

Lalu, lelaki yang berdasarkan KTP-nya bernama Zulfahmi itu mengambil kembali sikat gigi tersebut, dia minta izin untuk membeli sikat gigi lain di toko tak jauh dari LP, sebut Said lagi.

Pada saat kembali, pukul 16.45 WIB Zulfahmi menyerahkan satu sikat gigi nonkristal plus dua cup jus alpukat yang sudah berklem plastik.

Kepada petugas ia bertanya, apakah sikat gigi seperti ini bisa?

Setelah petugas menjawab bisa, Zulfahmi langsung balik badan secara tergesa-gesa sebelum petugas sempat memeriksakan jus bawaannya, ujar nya lagi, dua sipir perempuan curiga melihat jus tersebut, karena teksturnya terlalu kental.

Ketika digoyang-goyang, malah terlihat ada benda asing di dalamnya, setelah dibuka, didapati bungkusan plastik yang mencurigakan di setiap cup jus alpukat tersebut.

Plastik yang dilipat mirip lepat itu dililit dengan isolasi cokelat, bungkus plastiknya berwarna hijau senada dengan warna jus alpukat untuk mengelabui petugas, sebut nya lagi, peristiwa itu terjadi di Ruang Layanan Kunjungan LP Kelas IIA Banda Aceh.

Temuan tersebut langsung dilaporkan Kepala LP Banda Aceh kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh, Drs Meurah Budiman SH MH.

Kepada sejumlah awak media Kakanwil Kemenkumham Aceh Teuku Meurah Budiman mengaku sudah menerima laporan tersebut melalui handphone lengkap dengan foto-foto jus alpukat berisi narkoba tersebut, yang dikirim oleh Kalapas Kls IIA Banda Aceh, Said Mahdar.

Segera setelah itu, persis sehabis magrib, Meurah Budiman datang ke LP Kelas IIA Banda Aceh bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh, Heri Azhari BcIP SSos.

Sejak Meurah Budiman dan Heri Azhari menjadi pejabat di Kanwil Kemenkumham Aceh terhitung bulan ini, baru kali ini di LP Banda Aceh ada upaya penyelundupan sabu dengan modus dimasukkan ke dalam jus,ujar nya.

Meurah Budiman lebih lanjut menyebutkan pada prinsipnya kita mendorong petugas pengamanan dan petugas pemeriksaan dan penggeledahan barang untuk meningkatkan kualitas penggeledahan guna mencegah masuknya narkoba ke dalam LP dan rutan, ujar
Meurah Budiman.

Pihak nya berharap, tersangka pelaku dapat segera ditangkap oleh polisi, mengingat identitasnya sudah diketahui melalui KTP-nya yang tertinggal di ruang penjagaan LP.

Sejak Meurah Budiman dan Heri Azhari menjadi pejabat di Kanwil Kemenkumham Aceh terhitung bulan ini, baru kali ini di LP Banda Aceh ada upaya penyelundupan sabu dengan modus dimasukkan ke dalam jus, ujar nya.

Pada prinsipnya kita mendorong petugas pengamanan dan petugas pemeriksaan dan penggeledahan barang untuk meningkatkan kualitas penggeledahan guna mencegah masuknya narkoba ke dalam LP dan rutan, ujar
Meurah Budiman.

Ia berharap, tersangka pelaku dapat segera ditangkap oleh polisi, mengingat identitasnya sudah diketahui melalui KTP-nya yang tertinggal di ruang penjagaan yang sangat ketat sekarang di Lapas Kelas IIA Banda Aceh.

Pihak Lapas Kelas IIA Banda Aceh terus mengejar laki laki yang menitip Jus yang di duga didalam nya ada sabu-sabu. (*)

UPDATE CORONA