Kurangnya Persediaan Air Pemadaman, Lahan di Aceh Barat Terbakar Capai 6 Hektare

oleh -86.489 views
Pemadaman

IDUL FITRI

Aceh Barat I Realitas – Kurangnya Persediaan Air Pemadaman, Lahan di Aceh Barat Terbakar Capai 6 HektareKebakaran lahan gambut terus meluas yang terjadi di kawasan Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat dan Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Senin (1/3/2021).

Kebakaran yang terjadi di perbatasan Nagan Raya dan Aceh Barat tersebut diperkirakan sudah mencapai 6 hektare, sedangkan upaya pemadaman terus dilakukan secara bersama oleh BPBD, TNI, Polri dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Aceh.

REALITAS TV

“Timnya yang bergabung bersama BPBD, TNI dan Polri telah melakukan pemantauan ke lokasi hotspot sesuai notifikasi dari aplikasi LAPAN FIRE.” Kepala KPH Wilayah Aceh IV Aceh, Naharuddin kepada Media Realitas, sinin (1/3/2021).

BACA JUGA :   Tiga Hari Pencarian BES di Temukan Mengambang & Tersangkut Kayu

Lokasi kebakaran di perbatasan Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat dengan Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya koordinat, N 04°07′ 17.59″ dan E 096° 12′ 3482″.

Disebutkan, bahwa perkiraan luas kebakaran lahan yang terjadi saat ini kurang lebih sekitar 6 hektar, sedangkan tim pemadaman masih terus berjibaku dengan asap api di lokasi Peunaga Cut Ujong yang berbatasan dengan Suak Puntong, Nagan Raya.

BACA JUGA :   Kasus Ayah Perkosa Anaknya di Aceh Timur Polisi Amankan Barang Bukti

“Penyebab kebakaran sementara diduga dibakar oleh orang tidak dikenal,” jelasnya.

Kondisi lahan yang terbakar itu sebagian tanah gambut dan sebagian lagi merupakan areal kebun kelapa sawit milik warga.

“Tim Brigade Karhutla KPH Wilayah IV, Aceh terdiri dari 15 orang personil, dengan menggunakan 1 unit mesin pemadam, 7 jet shooter dan 4 buah kepyok, melakukan pemadaman bersama dengan pihak BPBD Aceh Barat dan Nagan Raya serta TNI dan Polri,” jelasnya.

BACA JUGA :   PJID Riau Gelar Buka Puasa Bersama Wartawan di Kota Pekanbaru

Disebutkan, pemadaman yang dilakukan pada Minggu (28/2/2021) diperkirakan sudah mencapai sekitar 50 persen.

Sementara kendala yang dihadapi oleh para petugas di lokasi kurangnya sumber air, angin bertiup kencang mempengaruhi kecepatan ilaran api dan asap tebal menutupi sebagian lokasi.

Tim dari KPH Wilayah IV, Aceh bersama BPBD kabupaten setempat dan TNI, Polri terus berupaya melakukan pemadaman di lokasi secara maksimal sampai api benar-benar dapat dikendalikan nantinya. (Firza Maulana)

UPDATE CORONA