Bawaslu Kota Bandar Lampung Serahkan Laporan Akhir Terkait Penanganan Pelanggaran

oleh -83.489 views
Bawaslu

IDUL FITRI

Lampung I Realitas – Bawaslu Kota Bandar Lampung menyerahkan langsung Laporan Akhir terkait Penanganan Pelanggaran di Kota Bandar Lampung pada saat Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020, Senin (1/2/2021).

Laporan tersebut berisi tentang Persiapan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020 yang berisi penjelasan terkait pemenuhan sarana dan prasarana pendukung, penguatan kapasitas dan koordinasi Pengawas Pemilu, dan koordinasi antar lembaga.

REALITAS TV

Selanjutnya,  tentang kelembagaan, struktur dan fungsi Sentra Gakkumdu Kota Bandar Lampung pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020.

BACA JUGA :   PJID Riau Gelar Buka Puasa Bersama Wartawan di Kota Pekanbaru

Bagaimana proses Penanganan Pelanggaran pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020 yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung sesuai tugas dan kewenangannya sesuai dengan peraturan perundang–undangan yang berlaku.

Termasuk menjelaskan tentang kendala yang dihadapi dan solusi yang dirumuskan dalam melakukan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020.

Terakhir, menjelaskan kesimpulan dan rekomendasi atas seluruh proses penanganan pelanggaran pada Pilkada Kota Bandar Lampung dalam rangka sebagai bahan perbaikan sistem penegakan hukum Pilkada pada masa yang akan datang.

BACA JUGA :   Ciptakan Keharmonisan, Pangdam I/BB Hadiri Pengukuhan Moderamen GBK

Laporan tersebut disusun sebagai : (1) bahan referensi/rujukan bagi seluruh stakeholder Pemilihan dan juga menjadi bahan diskursus bagi siapapun yang peduli terhadap masa depan sistem kepemiluan dan kepengawasan pemilu di Indonesia pada umumnya dan di Kota Bandar Lampung pada khususnya; (2) menyediakan sumber data, informasi, dan pengetahuan praktis mengenai prosedur penanganan pelanggaran, baik pelanggaran administrasi, kode etik, pidana, maupun pelanggaran hukum lainnya pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampungf Tahun 2020; dan (3) sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi publik di era good government and clean governance atas kerja-kerja Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Bandar Lampung dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak Jilid IV Tahun 2020 pada 9 Desember 2020 yang lalu. (*)

UPDATE CORONA