Wakil Walikota Pekanbaru Apresiasi Pelaksanaan RAT Koperasi LKMA Fajar Indah

oleh -92.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Koperasi LKMA Fajar Indah yang berada di Jalan Fajar Ujung Gang Poncosari Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki pada Kamis (28/01/2021) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020.

Pelaksanaan RAT yang dilakukan pada awal tahun 2021 ini, mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari pemerintah kota Pekanbaru.

REALITAS TV

Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru H. Ayat Cahyadi S.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus dan anggota Koperasi LKMA Fajar Indah yang akan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Kami dari pemerintah Pekanbaru sangat mendukung program kerja dari Koperasi Fajar Indah yang telah memberikan banyak manfaat kepada para anggotanya.

Karena kami ketahui bahwa wujud adalah dari anggota untuk anggota, maka tentunya anggota harus terus berusaha dan tetap bersemangat,” ujar Ayat Cahyadi.

BACA JUGA :   51 Orang di Ngawi Keracunan Usai Santap Nasi Kotak Syukuran Warga

Ia juga meminta kepada Koperasi yang merupakan wadah dari kemajuan suatu usaha yang dimiliki oleh anggota, agar dapat memberikan bantuan pinjaman modal usaha kepada anggota yang sedang membutuhkan.

“Pada hakikatnya koperasi ini dapat meningkatkan perekonomian anggotanya yang mayoritas kelompok tani. Maka modal usaha yang dibutuhkan oleh anggota, akan menjadi pendapatan bagi anggota serta pemasukan bagi koperasi tersebut,” ujar Wawako seraya menghimbau kepada para anggota koperasi agar konsisten dalam melakukan pembayaran pinjaman secara profesional.

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, konsep koperasi yang memiliki 70 orang keanggotaan, sangat membantu kebutuhan masyarakat sekitar.

Karena diketahui, hasil produksi dari koperasi tersebut sangat menjanjikan untuk dijual di pangsa pasar tradisional.

“Hasil dari pertanian yang dikelola oleh koperasi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat pada situasi sekarang, karena produksinya berupa rempah-rempah dan buah-buahan.

BACA JUGA :   Kalapas Lhoksukon Kunjungi Wakapolres Baru Aceh Utara

Untuk kami dari pemerintah kota Pekanbaru akan terus memberikan perhatian bagi koperasi ini, melalui dinas terkait,” tutup Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

Sementara itu, Ketua Koperasi LKMA Fajar Indah Rosnidar pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu dengan menjelaskan capaian keuntungan dihadapan para anggota.

“Kita lakukan RAT ini pada bulan Januari setiap tahunnya, dengan membagikan persentase keuntungan yakni 20% untuk anggota, 20% untuk pengurus, 30% untuk cadangan modal, dan 30% lagi untuk kebutuhan lainnya,” urai Rosnidar.

Hingga saat ini, menurut Rosnidar koperasi fajar indah bisa memberikan pinjaman kepada anggota hingga ke angka nominal 20 jutaan dengan memakai konsep syariah yang telah ditetapkan oleh para pengurus.

“Koperasi pada tahun mengalami penurunan keuntungan. Sebelumnya kita mendapatkan keuntungan diatas kurang lebih 50 juta tiap tahun, namun di tahun 2020 hanya memperoleh 38 juta saja, hal ini dikarenakan pengaruh dari pendapatan para anggota yang sulit pada masa pandemi, sehingga mengakibatkan pembayaran angsuran pinjaman tidak lancar,” ujar Rosnidar.

BACA JUGA :   Wakil Bupati Agara Minta Segara Ekspos Kasus Desa Batu Mbulan II

“Kita berharap, di tahun ini pendapatan dari usaha para anggota bisa lebih meningkatkan dan kesejahteraan bisa dicapai,” tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan makan siang dan berfoto bersama, dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si, Anggota DPRD kota Pekanbaru Rois S.Ag, Kadis Koperasi UKM Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag, Lurah Labuh Baru Barat Wahyu Nofiyandri M.Pd, babinsa Labuh Baru Barat Romy, Pengurus dan anggota Koperasi LKMA Fajar Indah serta tamu undangan lainnya. *(Mirza)

UPDATE CORONA