Targetkan Raih Predikat WBBM Tahun 2021, Kanwil Kemenkumham Riau Terus Matangkan Strategi

oleh -99.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang dianugerahkan oleh Kemenpan-RB pada Tahun 2020 lalu bukan menjadi titik akhir dalam usaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Masih ada jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

REALITAS TV

Untuk meraih predikat tersebut, pelayanan yang diberikan pun harus ditingkatkan, dari yang biasa menjadi luar biasa dan dari yang luar biasa meningkat menjadi sangat luar biasa.

Mempersiapkan strategi yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan predikat WBBM Tahun 2021, Kanwil Kemenkumham Riau kembali menggelar rapat bersama Tim Pokja WBK/WBBM Kanwil Kemenkumham Riau di ruang rapat Kakanwil, Jum’at pagi (29/1).

BACA JUGA :   Kebocoran Data 279 Juta WNI, Polri Segera Sita Server BPJS Kesehatan

Diawal rapat, Ketua Tim Pokja WBK/WBBM Kanwil Kemenkumham Riau yang juga Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Rudi Hartono, menjelaskan terkait perkembangan kinerja pokja WBK/WBBM Kanwil Kemenkumham Riau dan membuat kesimpulan awal bahwa dalam usaha meraih predikat WBBM, yang menjadi role model tidak hanya tanggungjawabi oleh pimpinan tinggi saja, melainkan seluruh jajaran harus mampu menjadi role model.

Untuk itu, perlu dilakukan review dan pembentukan tim kerja baru dan pembaharuan atau pembentukan SOP baru dalam tatalaksana pelayanan.

“Ada inovasi dan pembaharuan SOP yang sedang kita susun bersama, diantaranya pelayanan di bidang Kearsipan, Manajemen SDM, Pembentukan Corpu, dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik serta yang lainnya,” sebut Rudi Hartono, yang pernah menjabat sebagai Kadivmin Kanwil Kemenkumham Aceh ini.

Merespons laporan Ketua Tim Pokja WBK/WBBM, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, memberi beberapa masukan, yang diantaranya adalah bahwa untuk meraih predikat WBBM diperlukan kerja keras, dan usaha yang lebih keras lagi.

Diharapkan terdapat peningkatan pelayanan yang dihadirkan di Kanwil Kemenkumham Riau dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga pelayanan dapat dilaksanakan dengan cepat, mudah, dan murah.

BACA JUGA :   Wakapolres Atim Pimpin Upacara Pemakaman Briptu Bayu Andreansyah

“Jangan mimpi kita dapat meraih WBBM kalau hanya memanfaatkan pelayanan yang itu-itu saja.

Kita harus berani berinovasi dan berani berkreativitas agar pelayanan yang kita berikan semakin mudah dan berkesan bagi masyarakat,” kata Ibnu Chuldun.

Tambah kakanwil lagi, sebagaimana revolusi digital yang digaungkan Menteri Hukum dan HAM, begitupun layanan yang akan kita berikan harus memanfaatkan teknologi sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke kanwil, cukup pakai aplikasi saja stakeholder bisa mendapatkan layanan Kanwil Kemenkumham Riau. *(mirza/kum)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas