Refocusing Dan Realokasi Anggaran 2021, Pemprov Riau Menunggu Arahan Pusat

oleh -70.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang refocusing dan realokasi anggaran tahun 2021.

Namun SE Menkeu Nomor S-30/MK/02/2021 tersebut baru berlaku untuk Kementerian/Lembaga (K/L), dan belum turun ke pemerintah daerah.

Refocusing dan realokasi anggaran itu difokuskan pada tiga hal.

BACA JUGA :   Pemkab Bogor Lanjutkan Program Boling Tahun 2021 Secara Daring

– Pertama untuk mendukung program vaksinasi Covid-19,

– Kedua untuk penanganan kesehatan Covid-19, dan

– Ketiga untuk pemulihan ekonomi nasional.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy mengatakan, refocusing dan realokasi anggaran yang dilakukan pemerintah pusat hanya untuk K/L.

Sedangkan untuk pemerintah daerah sampai saat ini pihaknya belum mendapat arahan dari pusat.

BACA JUGA :   Masyarakat Biaro Diminta Oleh Babinsa Tetap Jalani Protokol Kesehatan

“Untuk daerah belum ada perintah dari pusat untuk refocusing dan realokasi anggaran 2021. Karena surat edaran Menkeu itu baru untuk K/L, dan belum sampai ke daerah,” kata Masrul Kasmy, Senin (18/1/2021).

Namun, lanjut mantan Pjs Bupati Rokan Hulu ini, jika kebijakan tersebut berlaku untuk pemerintah daerah. Pihaknya siap menjalankan arahan dan petintah pusat.

BACA JUGA :   Antisipasi Karhutla, Polda Kalteng Siagakan Sebanyak 2.112 Pesonel Polisi

“Untuk melakukan refocusing dan realokasi anggaran itu harus ada pedoman dari pusat seperti apa. Kalau tahun lalu pemerintah daerah itu diminta melakukan refocusing dan realokasi 50 persen dari belanja barang dan jasa,” tutupnya. *(mirza/mcr)

UPDATE CORONA