Pemko Pekanbaru Ajak Masyarakat Untuk Mendukung Program Vaksinasi Covid-19

oleh -75.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Setelah Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo beserta pejabat negara lainnya melakukan suntik vaksin Covid-19 Sinovac di pada Rabu (13/1/2021) di Istana Negara Jakarta.

Maka, secara serentak 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia pada Kamis (14/01/21) besok akan melakukan Vaksinasi Covid-19.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendapatkan jumlah vaksin jenis Sinovac sebanyak 2.200 buah, dan nantinya.

Yang akan melakukan vaksinasi terlebih dahulu adalah Wakil Walikota H. Ayat Cahyadi S.Si, Sekda Kota Pekanbaru H. M.Jamil M.Ag, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang, Pejabat Kodim 0301/Pekanbaru serta diikuti tokoh-tokoh agama, direktur rumah sakit, dan pengurus organisasi dan paguyuban sosial yang ada di kota Pekanbaru.

BACA JUGA :   Febri Diansyah Tegaskan Tidak Akan Membela Para Tersangka/Terdakwa Korupsi

Sebelumnya pada beberapa waktu yang lalu, para pejabat dan unsur forkompimda yang akan diberikan vaksin Sinovac telah melakukan screening Covid-19 dan cek kesehatan di Rumah sakit Madani Pekanbaru.

Setelah dilakukan rapat koordinasi, penetapan pelaksanaan pemberian Vaksin Sinovac di kota Pekanbaru akan dipusatkan di Puskesmas Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, dan nantinya diikuti juga di seluruh rumah sakit negeri dan swasta di Kota Pekanbaru, Puskesmas, Klinik Kesehatan, dan Klinik Dokter Gigi.

Dalam siaran persnya kemarin, Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus ST, MT mengatakan bahwasanya Vaksin Sinovac sangat dibutuhkan, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhindar dari wabah Covid-19.

BACA JUGA :   Babinsa 09/Nurussalam Gotong Royong Bersama Warga Binaan

“Masyarakat Kota Pekanbaru tidak perlu ragu tentang kehalalan Vaksin Sinovac yang akan kita pakai, karena dari Laboratorium MUI Nasional sudah menyatakan Bersih dan Halal.

Kemudian dari BPOM juga sudah keluar hasil, bahwa Sinovac sudah lolos untuk dapat digunakan sebagai vaksin kepada rakyat sesuai pedoman dari WHO,” terang Walikota Pekanbaru.

Sementara itu, usai melantik pengurus BEM dan BLM Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Riau (UNRI), Wakil Walikota (Wawako) H. Ayat Cahyadi S.Si mengatakan kesiapan dirinya untuk diberikan Vaksin Sinovac Covid-19.

BACA JUGA :   Koramil 03 Serengan Bersama Polsek dan Linmas Laksanakan PPKM

“Besok saya ikut divaksin. Saya deg-degan juga, mohon atas do’anya,” ujar Wawako.

Ia pun juga mengajak kepada masyarakat kota Pekanbaru agar dapat mendukung program vaksinasi sebagai bentuk upaya dalam menekan angka kematian.

“Sesuai analisa, proses vaksinasi selesai dalam 15 bulan yaitu antara sekitar Maret 2022. Sehingga, nanti terbentuk kekebalan komunal dalam tubuh kita,” ujar Wawako Ayat.

“Mudah-mudahan tidak ada pandemi corona lagi. Walau sudah divaksin, kita harus tetap menaati protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” tambahnya. *(Mirza)