DPC Simawang Saiyo Pekanbaru Sah Dikukuhkan, Pembangunan Di Kampung Halaman Menjadi Prioritas

oleh -307.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – DPC Simawang Saiyo Pekanbaru Sah Dikukuhkan, Pembangunan Di Kampung Halaman Menjadi Prioritas.

Masyarakat perantau Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar yang tinggal di kota Pekanbaru saat ini memiliki kepengurusan dengan ketua yang baru.

REALITAS TV

Perlu diketahui sejarahnya, organisasi kemasyarakatan Simawang Saiyo di kota Pekanbaru telah ada sejak tahun 1982 silam dan terdaftar di kenotarisan pada tahun 2012 lalu.

Bertempat di Gedung Wiratama Makorem 031/WB Jalan Ali Rasyid No.1 pada Sabtu (23/01/21) malam pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Simawang Saiyo kota Pekanbaru periode 2021-2024 secara resmi dikukuhkan dengan Ketua terpilih saat ini adalah Anapison Dt. Rangkayo Basa.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Musda dan Pelantikan DPC Simawang Saiyo kota Pekanbaru, Drs. H. Jon Analis M.Pd menyebutkan bahwasanya pada tanggal 26 Desember 2020 lalu masa kepengurusan yang lama telah berakhir, maka dilaksanakan Musyawarah Daerah untuk memilih kembali Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang baru selama 3 tahun kedepan.

“Saya selaku ketua panitia didampingi oleh delapan orang jorong dipercayakan untuk melakukan rapat pemilihan kepengurusan DPC Simawang Saiyo kota Pekanbaru yang baru,” ujar Jon Analis.

Bahkan menurutnya, dari ketiga calon yang ikut serta mendaftarkan untuk jadi Ketua maka ditetapkan pemenangnya yaitu calon kedua Anapison Dt. Rangkayo Basa dengan dukungan 6 suara dari enam jorong.

“Dan untuk calon pertama Syafrin Hendro Dt. Mantiko Tagak hanya mendapatkan 3 suara dukungan dari tiga jorong, dan calon ketiga Bakharuddin tidak mendapatkan dukungan,” ujarnya.

Akhirnya kegiatan pelantikan Ketua DPC Simawang Saiyo kota Pekanbaru beserta kepengurusannya dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP Simawang Saiyo Pusat yang dalam hal ini yang hadir Wakil Ketua Prof. Dr. H. Elwi Danil SH, MH.

BACA JUGA :   Abu Alex Minta Kejari Langsa Telusuri Dana Hibah Pemko Langsa, Ke KNPI, MS dan PWI Langsa

Usai pelantikan, Ketua DPC Simawang Saiyo kota Pekanbaru Anapison Dt. Rangkayo Basa menyampaikan rasa terima kasih kepada warga perantauan yang telah bergabung dan ikut memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan organisasi ini.

“Terima kasih atas dukungan dari seluruh warga perantauan yang ada di kota Pekanbaru dan juga kehadiran jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) yang telah bersedia meluangkan waktunya datang kesini untuk melantik dan menetapkan kepengurusan yang baru,” ungkap Anapison.

“Untuk tahap awal, kami akan menjalankan program kerjanya sesuai dengan visi dan misi dalam mempererat silaturahmi sesama anak perantauan dengan selalu menjalin solidaritas yang tinggi sehingga terwujudnya kekompakan dan akan munculnya antusias antar sesama perantauan untuk menjalankan program kerja tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, konsep jangka panjang yang akan dijalankan nantinya yaitu pembangunan gedung serba guna berada tepatnya di tengah-tengah kota.

“Saat ini ada gedung yang sudah kita miliki yang berada di Rumbai, namun hal ini yang menjadi kendala bagi warga kita karena tempat terlalu jauh dari tempat tinggal mereka. Maka kami telah membicarakan atau koordinasi bersama, ditetapkan akan kita bangun gedung di pusat kota, agar akses pertemuan mudah terjangkau,” ujar Dt. Rangkayo Basa.

Terkait dalan menjalankan organisasi, tentu nantinya akan ada perbedaan pandangan pendapat yang akan menyebabkan perpecahan, ia tetap akan berupaya mengayomi dan terus melakukan Komunikasi yang baik dengan warga perantauan simawang di kota Pekanbaru.

“Kami akan terus menjalin hubungan silaturahmi dan bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. Apabila ada permasalahan yang besar akan kita kecilkan, dan permasalahan yang kecil akan kita selesaikan secepatnya,” urai Anapison.

“Dan untuk tetap menjaga jalinan silaturahmi tersebut, kita akan selalu berkomunikasi dengan seluruh anggota maupun warga perantauan agar sosial kemasyarakatan tetap lebih terjaga.

BACA JUGA :   Ketua MMR Sekaligus Babinsa Serahkan Bantuan Bagi Warga Bendungan Simo

Diantaranya adalah apabila ada yang sakit, kita akan jenguk bersama dan apabila ada musibah kematian atau lainnya kita wajib melihatnya dan memberikan santunan,” tambahnya.

Ia juga mengharapkan dan mengajak kepada seluruh warga simawang yang ada di kota Pekanbaru untuk dapat mendukung program kerja DPC Simawang Saiyo, bekerja sama dan saling bantu membantu seiya sekata.

“Dengan demikian beban berat dapat kita pikul dan beban ringan bisa kita jinjing secara bersama-sama,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Simawang Saiyo Prof. Dr. H. Elwi Danil SH, MH mengatakan bahwasanya kepengurusan disetiap cabang-cabang diseluruh Indonesia memiliki tantangan baru yakni peluang dalam menjalankan program pembangunan di kampung halaman.

“Pada tahun 2018 lalu dalam kegiatan Musyawarah Besar, Ketua Umum DPP Simawang Saiyo pernah mengatakan kepada seluruh pengurus agar menjalankan program jangka panjang yakni akan membangun pesantren terpadu dan gedung serba guna di wilayah Padang Simawang, mudah-mudahan ini bisa terealisasikan pada tahun ini,” ujar Prof. Elwi.

Dalam konsep pembangunan nantinya, Prof. Elwi menyebutkan agar nantinya kepengurusan disetiap cabang didaerah agar dapat membangkitkan potensi keanggotaan dalam mewujudkan program-program yang sudah direncanakan.

“Melalui kesepakatan bersama nantinya setiap cabang dapat menyediakan dan mengalokasikan anggaran dana sebanyak 45 juta, sehingga dapat memenuhi target pembangunan gedung tersebut,” urai Prof. Elwi.

“Adapun setelah kita kalkulasikan nantinya dana yang terkumpul sekitar lebih kurang 500 hingga 700 juta, dan pada tahap awal ini akan menjadi suatu dana pendamping yang terlebih dahulu akan kita gunakan membangun ruang perkantoran di pesantren tersebut,” tambahnya.

Untuk diketahui, tempat yang akan dilaksanakan pembangunan beberapa gedung andalan Simawang Saiyo tersebut, yang saat ini menurut Prof. Elwi sudah dihibahkan.

BACA JUGA :   AWAI Mengutuk Keras Aksi Penembakan Wartawan Marsal Harahap

“Kita telah memperoleh tanah wakaf dari nagari yang telah bersertifikat atas nama yayasan pesantren terpadu simawang. Dan untuk akses jalan di lokasi tersebut, sudah ada salah satu anggota dewan yang bersedia mengalokasikan rencana anggarannya melalui program aspirasinya,” ujarnya.

Untuk jalannya organisasi simawang saiyo di kota Pekanbaru, ia berpesan kepada ketua dan pengurus yang baru saja dilantik agar dapat lebih meningkatkan kebersamaan antar sesama anggota.

“Organisasi ini bukannya berafiliasi pada kepentingan tertentu, maka untuk marilah kita mengedepankan silaturahmi dalam menjaga kerukunan, persatuan, dan kesatuan kita warga simawang di perantauan,” harap Prof. Elwi Danil.

“Kita perlu pahami bahwa kita berasal dari nagari yang sama, maka marilah kita wujudkan kebersamaan serta rasa kekeluargaan yang utuh dalam membangun kampung halaman.

Kami berharap kepada ketua dan pengurus yang baru agar nantinya dapat menjalankan organisasi ini dengan semangat dan tetap mengedepankan musyawarah mufakat,” pesannya seraya mengatakan DPC Simawang Saiyo Pekanbaru dapat lebih berinovasi serta berkreatif lagi, seperti mengerakkan semua potensi warga simawang di perantauan.

Kegiatan diakhiri dengan makan dan foto bersama serta acara lelang berbagai makanan dan juga pemberian hadiah melalui pencabutan doorprize.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs Wali Nagari R. Novi, SH, Wakil Ketua DPP Simawang Saiyo Prof. Dr. H. Elwi Danil SH, MH, Ketua Ikatan Tanah Datar Provinsi Riau Dr. Taufik Rahman.

Seluruh Wali Jorong, sesepuh Simawang Saiyo, Ketua DPC Simawang Saiyo periode 2016-2020 Syafrin Hendro Dt. Mantiko Tagak, Ketua DPC Simawang Saiyo periode 2021-2024 Anapison Dt. Rangkayo Basa, seluruh kepengurusan dan keanggotaan serta para tamu undangan lainnya. *(Mirza)

UPDATE CORONA