Perusahaan Indonesia PT Sinar Antjol Resmi Membuka Pabrik Pengolahan Sabun di Tanzania Mainland

oleh -400.579 views

Mkuranga Tanzania I Realitas – Perusahaan Indonesia, PT Sinar Antjol resmi akan memulai investasi pabrik pengolahan sabun dan body lotion di Tanzania. PT Sinar Antjol tandatangani akta jual beli sebidang tanah di Mkuranga, Pwani Region, Tanzania (30/11/2020).

Perusahaan ini telah memasarkan produk-produknya di Tanzania selama 15 tahun terakhir, dan memutuskan untuk berinvestasi secara langsung setelah melihat pangsa pasar yang menjanjikan.

Pabrik PT Sinar Antjol direncanakan mulai dibangun pada awal tahun 2021 dan mulai beroperasi pada bulan September 2021.

Pabrik tersebut akan menjadi pabrik kedua perusahaan Indonesia di Tanzania setelah sebelumnya telah diresmikannya pabrik PT Indesso di Pemba, Zanzibar, untuk pengolahan minyak daun cengkeh.

BACA JUGA :   KPK Setor Rp 958 Juta Ke Kas Negara Dari Eks Walkot Banjar

 Selain itu, dalam waktu dekat juga akan segera dibangun pabrik pengolahan rumput laut di Zanzibar melalui kerja sama antara Zanzibar State Trading Corporation (ZSTC) dengan PT Ocean Fresh dan PT Kappa Carragenan Nusantara.

Sejumlah BUMN RI juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan BUMN Tanzania guna mengeksplorasi kerja sama investasi di bidang pembangunan infrastruktur dan pertambangan.

Tanzania merupakan destinasi investasi yang sangat strategis. Selain memiliki situasi politik dan keamanan yang stabil, Tanzania juga merupakan salah satu pintu masuk utama masuknya barang-barang ke Afrika Timur.

Tanzania berbatasan langsung dengan 8 negara, 6 di antaranya adalah negara landlocked. Total populasi Tanzania serta seluruh negara yang berbatasan langsung 332.652.400 jiwa (2019), lebih besar dari populasi Indonesia.

BACA JUGA :   Menaker Minta Pemda Awasi Penyaluran THR Idulfitri ke Pekerja

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Tanzania juga cukup tinggi, di kisaran 7% di 5 tahun terakhir, dengan GDP sebesar 15% dari total GDP seluruh Afrika Timur. (*)

(Sumber: KBRI Dar Es Salam)