Aksi TNI Dan BPBD Aceh Timur Saat Evakuasi Warga Yang Terjebak Banjir

oleh -95.489 views
Evakuasi ibu bari melahirkan dalam banjir di Aceh Timur. Dok. Laung/TNI

IDUL FITRI

Aceh Timur I Realitas – Hujan deras dalam sepekan terakhir mengakibatkan Sungai Peureulak, Aceh Timur meluap, hingga banjir melanda permukiman warga.

Sebagian warga terpaksa dievakuasi dari rumahnya oleh Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh, anggota TNI, Polisi, relawan dan warga. Sampai Sabtu (05/12/2020) malam, banjir masih merendam sejumlah desa dalam 15 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur.

Dalam upaya penyelamatan warga, ada kisah heroik yang dilakukan TNI, dan Tim BPBD Aceh Timur saat menyelamatkan para warga. Salah satunya saat mengevakuasi bayi 4 hari dan ibunya, Salma (38 tahun) yang terjebak banjir di rumahnya, Gampong Alue Bate, Kecamatan Rantau Peureulak, pada Jumat (4/12/2020) Sore.

BACA JUGA :   Dua Buruh Diamankan Satres Narkoba Polres Cilegon

Aksi itu dilakukan Babinsa Koramil 14/Rantau Peureulak Kodim 0104/Aceh Timur, Koptu Agung Suherlan dan Serka Eka Syahputra, bersama Tim BPBD dan warga. Mereka menolong bayi dan ibunya yang terjebak di rumahnya yang telah dikepung genangan banjir dengan arus deras. Salah seorang Babinsa terlihat mengendong bayi, dan membawa ke perahu karet untuk dievakuasi ke tempat aman.

BACA JUGA :   Bupati Bekasi Hadiri Penandatanganan Kerjasama Kemitraan PMA/PMDN Dengan UMKM Secara Virtual

Danramil Rantau Peureulak, Kapten Wagimin, mengatakan seluruh personel TNI markasnya dikerahkan untuk membantu warga yang membutuhkan, bersama Tim BPBD Aceh Timur. “Apresiasi kepada kedua Babinsa yang sigap mengevakuasi warga yang terjebak banjir tersebut,” katanya.