Tim SAR Gabungan Berhasil Menemukan Mayat Nelayan yang Hanyut di Perairan Pantai Sri Mersiang

oleh -55.489 views

IDUL FITRI

IDUL FITRI

Serdang Bedagai I Realitas – Tim SAR Gabungan Berhasil Menemukan Mayat Nelayan yang Hanyut di Perairan Pantai Sri Mersiang.

Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan nelayan yang sebelumnya dikabarkan hanyut di Perairan Pantai Sri Mersiang tepatnya di Dusun V Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai.

Namun, nelayan yang sempat tersapu ombak itu ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, Jumat (20/11/2020).

IDUL FITRI

Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus mengatakan bahwa pihaknya berhasil menemukan korban. “Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 13.35 WIB sejauh sekitar 6 KM dari bibir pantai,” ujarnya, Jumat (20/11/2020).

BACA JUGA :   Gelar Sweeping di Jalur Utama Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Gagalkan Penyelundupan Ganja

Dikatakan Sariman, pencarian nelayan hanyut tersebut dilakukan oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Medan, Polairud, PMI Sergai, Tagana, Potensi SAR lainnya dan pemerintah setempat.

“Pencarian tersebut dilakukan mulai dari bibir pantai, personel dari Basarnas Medan menggunakan Perahu LCR mulai menyisir lokasi dari lokasi perahu karam hingga radius 5-6 KM dari bibir pantai.

Dalam proses pencarian itu, sejumlah nelayan juga turut serta menggunakan perahu untuk melakukan pencarian,” katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, seorang nelayan hanyut di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai setelah perahunya diterjang ombak pada, Kamis (19/11/2020) sore kemarin.

BACA JUGA :   Pangdam XII/TPR Pimpin Sertijab Danbrigif 19/KH dan Penyerahan Jabatan Golongan IV

Korban hanyut setelah berupaya menolong adiknya yang melaut bersama dirinya. Adapun identitas korban yang hanyut bernama Faisal (20), warga Dusun II Desa Arapayung, Pantai Cermin, Serdang Bedagai.

Sebelum tenggelam, Faisal bersama adiknya, Fahri Hidayat (17), pergi melaut untuk mencari ikan. Mereka berdua satu perahu atau sampan menuju perairan Pantai Sri Mersing.

Dua nelayan lainnya, Sartono (40) dan Sariadi (25), juga warga Desa Arapayung, beriringan dengan mereka menggunakan perahu berbeda.

Sekitar 1,5 mil dari bibir pantai, Faisal dan Fahri mulai menebar jaring. Namun tiba-tiba perahu mereka dipukul ombak dan karam. Faisal berupaya menolong adiknya yang belum terbiasa ke laut.

BACA JUGA :   Polsek Singingi Bakar 3 Rakit Peti, Para Pelaku Kabur

Sartono dan Sariadi yang melihat kejadian itu langsung mendekat dan berupaya menolong. Mereka hanya mendapati Fahri, sedangkan Faisal tidak ditemukan. Dikatakan Sariman, setelah berupaya melakukan pencarian, akhirnya korban berhasil ditemukan.

“Setelah korban berhasil ditemukan, petugas langsung mengevakuasinya dan diserahkan kepada pihak keluarga. Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup,” kata Sariman. (Trb)