Polda Metro Jaya Buru Pebalap Mobil Liar di Senayan

oleh -152.579 views

Jakarta I Realitas – Polda Metro Jaya Buru Pebalap Mobil Liar di Senayan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pihaknya akan memburu mobil-mobil yang terlibat dalam balapan liar di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan pada Jumat dini hari.

“Kami akan cari. Kalau balap liar harus diberi tindakan represif,” ujar AKBP Fahri, Jumat.

Menurut AKBP Fahri pelaku yang melakukan balap tak berizin itu sudah menganggu ketertiban umum dan melanggar pasal 115 tentang berbalapan kendaraan lain UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) nomor 22/2009.

Jika para pelaku balapan liar itu berhasil tertangkap, AKBP Fahri mengatakan ada jeratan hukum pidana yang menanti pelaku balap liar itu.

“Ada ancaman pidana, ancamannya satu tahun,” kata AKBP Fahri.

BACA JUGA :   Prediksi Kawasaki vs Tokyo, J-League 30 Maret 2024

Disamping melakukan pengejaran, AKBP Fahri mengatakan pihaknya juga akan melancarkan patroli lebih giat lagi untuk mencegah aksi balap liar.

“Kami sekarang upayakan pencegahan dulu. Kalau kemarin-kemarin balapan liar, polisi datang dan langsung menindak tilang di tempat. Sekarang kami pasang anggota agar bisa dicegah,” kata AKBP Fahri.

Ada 30 personel yang ditempatkan untuk mengantisipasi balapan liar di Ibu Kota.

Terkait dengan adanya balap liar di kawasan Senayan pada Jumat dini hari pukul 01.30 WIB, AKBP Fahri mengatakan pada saat itu pihaknya telah melakukan patroli namun memang terjadi ‘kucing-kucingan’ antara petugas dengan pebalap liar.

“Patroli kan muter kemana-mana. Jadi saat ada polisi mereka tidak aksi, tapi saat tidak ada polisi mereka melancarkan aksi,” ujar AKBP Fahri.

BACA JUGA :   Kapolda Aceh Himbau Pemilik SPBU Yang Merugikan Konsumen

Sebelumnya ramai diperbincangkan oleh warganet di media sosial twitter terkait adanya balap liar mobil di kawasan Senayan, Jumat (13/11/2020) dini hari.

Balap liar tersebut sempat mengganggu pengguna jalan lainnya dan menimbulkan kemacetan karena para pengguna jalan diminta menunggu hingga ajang balap tak berizin itu dimulai.

“Jalan Gerbang Pemuda, depan gedung Kemenpora ditutup buat Balap Liar mobil. Jumat (13/11/2020) dini hari Pukul 1.30 WIB.

Banyak penonton, pengendara yang melintas ga bisa lewat disuruh tunggu kelar start,” cuit akun twitter @_MpaR sembari membagikan unggahan video menunjukkan kemacetan pada Jumat dini hari itu. (Muhammad Ramadhan)