Partai UKM Susun 50 Persen Pengurus Perempuan

oleh -75.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Partai UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam penyusunan kepengurusan, mulai dari tingkat DPP, DPW, DPD dan DPC merekrut 50 persen perempuan. Persyaratan ini diberlakukan untuk melibatkan perempuan setara secara politik dan pengambilan keputusan.

Hal ini dikatakan Syafrudin Budiman SIP Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai UKM saat ditemui di Hotel Rivoli, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2020).

“Persyaratan UU Partai Politik mengharuskan memasukkan 30 persen pengurus. Akan tetapi Partai UKM mengharuskan semua tingkatan kepengurusan merekrut 50 persen perempuan,” kata pria yang biasa disapa Gus Din ini.

BACA JUGA :   Polres Gayo Lues Berhasil Ungkap 3 Kasus Narkotika Jenis Ganja dan Sabu

Menurutnya, sikap politik Partai UKM merupakan tujuan dan cita-cita politik, dalam membangun kesetaraan dan persamaan hak. Katanya, kalau perempuan Indonesia maju secara ekonomi, sosial dan politik, tentu negaranya akan juga berkemajuan dan berkeadilan.

“Tujuan ini ada di garis besar Parta UKM, sebagaimana Platform Politik berdirinya partai ini. Diantaranya;

1). Keadilan Sosial.

2). Kesejahteraan.

3). Kesetaraan Ekonomi.

4). Kemajuan Ekonomi.

, 5). Ekonomi Kerakyatan.

6). Persamaan Hak dan.

7). Penegakan Hukum.

Jadi perempuan harus terdepan dalam politik,” terang Gus Din yang Sarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

BACA JUGA :   Camat Johan Pahlawan Poles Kota Meulaboh Tambah Cantik

Ia mengatakan, launching kepengurusan DPP Partai UKM dengan H. Bustan Pinrang sebagai Ketua Umum dan Syafrudin Budiman SIP sebagai Sekretaris Jenderal, akan dilaksanakan 1 Januari 2020 di Jakarta. Dimana nantinya akan berbarengan dengan peresmian AD/ART dan kantor DPP Partai UKM.

“Partai UKM hadir untuk memperjuangkan kalangan pengusaha kecil dan menengah, koperasi dan UKM. Agar terus berkembang dan maju di Indonesia sebagaimana visi Indonesia Maju Presiden Jokowi. Insya Allah pengurusnya adalah kader-kader handal dalam politik kebangsaan,” jelas Gus Din.

Terakhir katanya, setelah pembentukan kepengurusan DPP akan dilanjutkan pembentukan kepengurusan DPW ditingkat propinsi.

BACA JUGA :   Operasi Yustisi Merupakan Cara Tekan Angka Penyebaran Covid-19 Sekaligus Menerapkan PPKM

Untuk gebrakan awal kepengurusan DPW DKI Jakarta akan dipimpin sosok perempuan pelaku UKM dan kepengurusannya akan disusun 90 persen perempuan.

“Kami DPP akan menunjuk Ibu Aisyah Miraza sebagai pemegang mandat pengurus dan kandidat Ketua DPW DKI Partai UKM.

Beliau kami tugaskan membentuk pengurus DPW dan 5 DPD Partai UKM di DKI Jakarta, dimana kami minta untuk kepengurusannya 90 persen adalah perempuan” pungkas Gus Din yang dikenal sebagai cicit KH. Hasan Bisri (Hasan Gipo) Ketua Tanfiziah PBNU pertama kali. (Red)