8 Tahanan RTP Polres Sergai Kabur, Kapolres Sergai Pimpin Penyisiran Dan Pencairan Tahanan

oleh -217.579 views
Keterangan photo : Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH,M.Hum pimpin langsung penyisiran dan pencarian ke -8 tahanan RTP yang kabur bertempat di Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Sergai, Minggu (22/11/2020)

Serdang Bedagai I Realitas – Sebanyak 8 orang berasal dari Rumah Tahanan Polres (RTP) berhasil kabur setelah sebelumnya dengan cara menggergaji besi diatas kamar blok c dan keluar melalui plafon di areal belakang RTP (Rumah Tahanan Polres). Ke-8 orang tahanan ini kaburĀ  pertamakali diketahui oleh sesama tahanan RTP, Minggu dini hari (22/11/2020) sekitar pukul 03.30 wib.

Informasi yang berhasil diperoleh bahwa ke 8 orang tahanan RTP Polres Sergai yang kabur inisial ZM, ES, MY, IL, SK,RP, PAP, dan MA yang sekaran masih dalam proses penyisiran dan pencarian jajaran Polres Sergai.

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH,M.Hum disela-sela penyisiran dan pencarian tahanan kepada awak media membenarkan ada 8 tahanan RTP yang kabur melarikan diri.

BACA JUGA :   Setelah Dilaporkan Oleh YARA Langsa: Palsukan Dokumen Nasabah, Oknum Pegawai BSI Ditangkap Polres Aceh Timur

Kejadian kaburnya tahanan ini diketahui oleh salah satu tahanan bernama Haryadi sekitar pukul 03.30 wib saat dirinya mau berwudhuk hendak melaksanakan tahajud.

Saat itu Haryadi melihat pecahan plafon,dan ketika melihat keatas besi beton sudah terbuka,dan selanjutnya memberitahu kepada tahanan yang lain dan kepada Piket Jaga”, jelas Kapolres.

Sebut Kapolres, diakuinya kalau ruang tahanan itu sudah over kapasitas, dimana ada 222 Tahanan dalam 4 Blok tahanan, dan seharusnya setiap Blok itu diisi dengan 15 tahanan, atau seluruhnya berjumlah 60 tahanan.

Sementara ruang tahanan ini dijaga oleh 4 dari Sat Sabhara, 8 personil dari Intel, Reskrim, Lantas dan Sat Narkoba ditambah ada Perwira Pengawas (Pa Was) dan Perwira Pengendali (Pasal), dan semua itu sesuai SOP sudah kita mintai keterangan dan pertanggung jawabannya”, ungkapnya.

BACA JUGA :   Prediksi Kawasaki vs Tokyo, J-League 30 Maret 2024

Selanjutnya kata AKBP Robin Simatupang, sekarang ini seluruh personil Polres dan Polsek sejajaran, sedang melakukan penyisiran dan pencarian dan kita terus melakukan koordinasi, bahkan saya dan Kasat Lantas baru saja kembali dari kawasan pesisir di perbatasan Batubara.

Kita berharap para tersangka dapat ditangkap, tahanan Polres ada 5 orang dan yang 3 orang lagi sudah putus vonisnya.

Padahal, yang sudah vonis beberapa bulan lagi bisa menjalani asimilasi, kan ini perbuatan bodoh”,tandas Kapolres mengakhiri.

Turut mendampingi Kapolres Sergai kelapangan,Kasat Lantas AKP Agung Basuni,Kasubbag Humas AKP Sofian dan KBO Intelkam,Iptu T. Sihombing. (J.Irwansyah Silitonga)