Ratusan Buruh di Kawasan SIER Mulai Bergerak Menuju Titik Demo UU Cipta Kerja

oleh -61.489 views

IDUL FITRI

Surabaya I Realitas – Ratusan Buruh di Kawasan SIER Mulai Bergerak Menuju Titik Demo UU Cipta Kerja.

Ratusan buruh di kawasan SIER mulai bergerak menuju titik pusat Gedung Negara Grahadi dan DPRD Jatim. Mereka akan melakukan demo tolak UU Cipta Kerja Omnibus Law, Kamis (8/10/2020). Rencananya, sekitar 30 ribu massa dari serikat pekerja, mahasiswa hingga aktivis turun ke Surabaya untuk menyampaikan aspirasinya.

BACA JUGA :   Dampingi Penyaluran BST, Anggota Koramil 04/Nguntoronadi Pastikan Sesuai Protokol Kesehatan

Dari pantauan detikcom, di kawasan industri SIER Rungkut sekitar 100 pekerja berkumpul di depan salah satu pabrik. Dengan memakai seragam kerja, membawa bendera serikat pekerja berwarna biru dan tetap menggunakan masker, mereka terlihat akan bersiap menuju titik kumpul lalu serentak mengarah ke titik yang dijadikan aksi demo Omnibus Law.

BACA JUGA :   Tak Kenal Lelah Untuk Mewujudkan Solo Tangguh, Serma Widiyanto Bagikan Masker Gratis Kepada Warga Binaannya

UPDATE CORONA

Salah satu anggota Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPSI) Rokok Tembakau Makanan Minuman (RTMM) Surabaya, Bimo membenarkan hal tersebut. Ia bersama ratusan pekerja pabrik di SIER tengah berkumpul dan akan menuju Bundaran Waru lalu ke tujuan lojasi demo di Grahadi dan Gedung DPRD Jatim.

“Menunggu koordinasi apakah nanti kumpul Waru semua. Nanti ke Grahadi dulu, Kantor Gubernur dan DPRD Jatim,” kata Bimo kepada wartawan.

Bimo menegaskan, pihaknya tidak melakukan sweeping. Sebab, mereka berunjuk rasa secara damai. Juga tidak melakukan mogok kerja.

“Kita satu barisan, pabrik tidak berhenti tapi ada perwakilan, RTMM tidak pernah sweeping, kita tidak ada kekerasan, unjuk rasa damai. Bukan mogok kerja, perusahaan memberikan perwakilan,” jelasnya.

Dengan membawa mobil untuk orasi, sebanyak 200 pekerja dari salah satu pabrik di Rungkut berangkat melakukan aksi. Mereka juga berkeliling menjemput FSPSI RTMM di pabrik lain untuk berangkat bersama-sama.

“Kami ada 200 orang. Kita akan jemput tempat kita di AHP, Campina, Yakop, Ultra Pima jemput bareng-bareng terus berangkat,” pungkasnya.(Dtc/Red)