Gempa Magnitudo 5,2 Mengguncang Meulaboh Aceh Barat, Tak Berpotensi Tsunami

oleh -82.489 views
Ilustrasi gempa bumi

IDUL FITRI

Jakarta I RealitasGempa tektonik dengan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Samudra Hindia tepatnya di pantai barat Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, pada Kamis, 15 Oktober 2020 pukul 11.59.53 WIB.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, hasil pemodelan menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA :   Bantu Membangun Masjid, Anggota Koramil 02/Bnh Wujud Kekompakan Bersama Warga

Episenter gempa bumi yang setelah diperbarui berkekuatan magnitudo 5,0 itu terletak pada koordinat 4,02 LU dan 95,89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 km arah Barat Daya Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, pada kedalaman 54 km.

BACA JUGA :   Gelar Operasi Zebra 2020, Polda Metro Jaya Fokus Berikan Edukasi

UPDATE CORONA

Gempa bumi dangkal itu akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Guncangan gempa tersebut dirasakan sampai ke Nagan Raya pada skala IV MMI, yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di Aceh Jaya pada skala III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Guncangan gempa juga dirasakan di Banda Aceh, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya pada skala II MMI di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mukhtaruddin mengatakan bahwa BPBD belum menerima laporan dari warga mengenai dampak gempa Kamis siang.

“Petugas masih melakukan pemantauan di lapangan, sampai saat sekarang belum ada laporan kerusakan,” katanya. (*)

Sumber : Tempo