Danrem 031/WB/Wira Bima Dukung Pemugaran Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai

oleh -123.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas –  Danrem 031/WB/Wira Bima Dukung Pemugaran Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai.

Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed SE, M.Han didampingi Kasiter dan Kapenrem 031/WB menerima kunjungan Badan Pekerja Pelestarian Benteng Tuanku Tambusai (BP BTT), Kamis pagi (17/09/2020), bertempat di Ruang Kerja Danrem 031/WB.

Kunjungan yang dipimpin Ketua Umum (Ketum) BP BTT H Al Azhar MA juga menyertakan Sekretaris Umum Jonnaidi Dasa S Si, Sekretaris II Yasrief Tambusai, Bendahara Umum Marjeni Yahya serta anggota Taufik Tambusai, Kamis (17/09/2020).

IDUL FITRI

Kehadiran Ketum Al Azhar beserta pengurus tersebut dalam rangka bersilaturahmi dengan serta menyampaikan program BP BTT yang dapat disinergikan dengan Korem 031/WB.

BACA JUGA :   Muhammad Jamil Resmi Menjabat Sekda Kota Pekanbaru

“Kami beserta rombongan mengucapkan terimakasih kepada Danrem yang telah berkenan menerima kedatangan Kami. Disamping bersilahturahmi, tujuan kedatangan Kami sekaligus memohon dukungan Danrem.

Terkait rencana pemugaran Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan,” Ujar Ketum H Al Azhar mengawali sambutannya.

Selain menceritakan sejarah berdirinya benteng dan perjuangan tuanku Tambusai, lebih lanjut H Al Azhar juga menyampaikan keinginan masyarakat.

Adat Rokan Hulu menggelar acara adat Upah-Upah bagi Danrem 031/WB yang dilaksanakan di Benteng Tuanku Tambusai Dalu-Dalu Kabupaten Rokan Hulu.

BACA JUGA :   Kapolri Pimpin Korps Raport 46 Pati Polri

Menangapi hal itu, Danrem menyambut baik dan sangat mendukung rencana pemugaran Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai yang merupakan kebanggaan masyarakat Rokan Hulu tersebut.

“Pemugaran ini harus segera kita realisasikan, karena merupakan bukti sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai bersama masyarakat dalam melawan penjajah Belanda.

Selain itu, juga merupakan Cagar Budaya yang harus dilestarikan serta dijaga dengan baik sehingga dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang,” Tutur Danrem Syech Ismed

Terkait dengan keinginan masyarakat adat Rokan Hulu menyelenggarakan acara upah-upah untuk dirinya, Putra asli Riau tersebut menyampaikan terimakasih dan sudah lama berencana berkunjung ke Rokan Hulu.

BACA JUGA :   Polres Simalungun Gelar Deklarasi Pilkada Damai dan Doa Bersama Dalam Rangka Pemilu 2020

“Saya merasa terhormat dan berterimakasih kepada masyarakat adat Rokan Hulu yang berencana menggelar acara adat upah-upah. Ini merupakan tradisi positif dan perlu dilestarikan karena bertujuan untuk mendoakan hal-hal yang baik,” Pungkas Danrem

Perlu diketahui bahwa Benteng Tuanku Tambusai dengan nama lain Benteng Tujuh Lapis merupakan sebuah benteng yang berada di Desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Yang dibangun pada tahun 1835 oleh Tuanku Tambusai dan berfungsi sebagai basis pertahanan terhadap perlawanan penjajahan Belanda. *(mirza)