Apel Bersama Penyambutan Dan Pelepasan Pangdam XVIII/Kasuari

oleh -111.489 views

IDUL FITRI

IDUL FITRI

Manokwari I Realitas – Apel Bersama Penyambutan Dan Pelepasan Pangdam XVIII/Kasuari.

“Saya percaya, dukungan dari seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodam XVIII/Kasuari sangat besar artinya bagi kelancaran pelaksanaan tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugas saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari yang telah berlangsung selama kurang lebih empat bulan.

Saya berharap agar hubungan yang sudah terjalin baik selama ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan demi tercapainya kesuksesan dan keberhasilan dalam mengemban tugas-tugas TNI AD khususnya Kodam XVIII/Kasuari di masa mendatang,” kata Mayor Jenderal TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si.

IDUL FITRI

Hal ini dikatakannya saat memberikan sambutan pada acara Apel Bersama dalam rangka penyambutan dan pelepasan Pangdam XVIII/Kasuari, Senin (14/9/2020) di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Dihadapan ratusan Prajurit TNI AD jajaran Kodam XVIII/Kasuari, para pejabat Kodam, dan para tokoh masyarakat, adat & Kepala Suku wilayah Papua Barat, mantan Pangdam XVIII/Kasuari yang beralih tugas ke Mabes TNI Angkatan Darat dengan jabatan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad tersebut lebih lanjut mengatakan bahwa menyadari akan keterbatasan dan kekurangan yang ada, namun berkat dukungan dari seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS warga Kodam XVIII/Kasuari, seluruh tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada Mayjen Ali Hamdan Bogra dapat terlaksana dengan baik.

BACA JUGA :   Apel Kasatwil Tahun 2020, Kapolri Berikan Arahan Tegas Pada Jajaran

“Keberhasilan yang telah dicapai Kodam XVIII/Kasuari merupakan hasil kerja keras kita bersama. Oleh karena itu, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang telah mendukung pelaksanaan tugas saya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari selama ini, serta mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para Pajurit dan PNS sekalian,” ucap Perwira Tinggi (Pati) Angkatan Darat yang kini menduduki jabatan bintang tiga, dengan pangkat Letnan Jenderal TNI ini.

Kepada segenap warga Kodam XVIII/Kasuari juga dipesankan agar, yang pertama dan utama adalah terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Tetap pelihara disiplin, loyalitas, soliditas, dan kebersamaan sebagai nilai-nilai hakiki dalam tradisi keprajuritan TNI AD.

Selanjutnya tetap pelihara dan tingkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat, tumbuh kembangkan nilai-nilai profesionalisme keprajuritan, dan jaga kesehatan sebagai modal dasar bagi prajurit dalam menjalankan tugas,” pesan mantan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si. dalam sambutannya.

Pada kesempatan berikutnya, saat memberikan sambutannya pada kegiatan Apel Bersama tersebut, pejabat baru Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) mengungkapkan bahwa Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si. merupakan salah satu putra terbaik dari tanah Papua Barat yang berkarir di dunia militer.

BACA JUGA :   TNI/POLRI dan Masyarakat Menjaga Persatuan Kesatuan Bangsa Dasar UUD 1945

“Ketulusan pengabdian dan dedikasi yang tinggi telah mampu diwujudkan oleh beliau. Hal ini perlu dijadikan teladan, khususnya oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari.

Selama memangku jabatan sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, beliau sangat konsisten terhadap penegakan disiplin, loyalitas, kinerja satuan, dan profesionalisme, dengan kompleksitas permasalahan yang sangat dinamis di wilayah Papua Barat,” ungkap Pangdam Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Menurutnya, salah satu komitmen penting yang mampu diaktualisasikan oleh Pangdam lama Mayjen Ali Hamdan Bogra adalah komitmennya untuk selalu menumbuhkembangkan jiwa korsa, rasa kebersamaan, dan kreativitas para Perwira dan warga Kodam XVIII/Kasuari.

“Walaupun beliau memimpin Kodam XVIII/Kasuari dalam waktu relatif singkat, namun telah banyak kegiatan yang dilahirkan dari ide-ide kreatif beliau yang perlu terus kita lanjutkan dan kita tingkatkan,” ujar Pangdam.

Untuk itu, lanjutnya, berkenaan dengan berakhirnya tugas Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si. di Kodam XVIII/Kasuari, atas nama pribadi dan selaku Pangdam XVIII/Kasuari, serta sekaligus mewakili segenap Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas darma bakti dan karya nyata Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra dalam membangun dan membesarkan Kodam XVIII/Kasuari sehingga menjadi satuan yang dapat dibanggakan.

BACA JUGA :   Sinergitas & Silaturahmi TNI/Polri, Kapolres Serdang Bedagai Sambut Dandim 0204/DS

Sebelum Apel Bersama yang dilanjutkan dengan acara pelepasan dan pengantaran mantan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si beserta istri oleh warga Kodam XVIII/Kasuari hingga di ujung Markas Kodam XVIII/Kasuari, didahului dengan acara Penyambutan pejabatan baru Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua Persit KCK Pengurus Daerah (PD) XVIII/Kasuari.

Acara diawali dengan pengalungan bunga oleh Kasdam XVIII/Kasuari dan pemasangan Topi Adat serta penyerahan Panah Tradisional oleh Tokoh Adat Suku Arfak, Obeth Ayokh yang mengawali prosesi tradisi penyambutan dan bentuk ungkapan selamat datang kepada pejabat Pangdam XVIII/Kasuari yang baru di Markas Kodam XVIII/Kasuari sekaligus di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kemudian Pangdam dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari diarak menuju ke gedung utama Makodam dengan iringan lagu ‘Selamat Datang Pahlawan Muda’ dan dilanjutkan penciuman pataka Kodam XVIII/Kasuari, serta diakhiri dengan ‘Ucapan Selamat Datang’ dari Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Ferry Zein.

Selesai acara tradisi, dilaksanakan entry briefing Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) bertempat di ruang Yudha Makodam XVIII/Kasuari, yang diikuti Kasdam XVIII/Kasuari, Danrem 181/PVT, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, Danrindam, LO AL dan LO AU, para Asisten dan Kabalakdam, serta para Dandim, Danyon, dan Danden jajaran Kodam XVIII/Kasuari. (*)