Aneka Kuliner Melalui UKM Kampung Sehat Desa Jango Tembus Pasar Luar Daerah

oleh -158.489 views

IDUL FITRI

PRAYA I Realitas – Aneka Kuliner Melalui UKM Kampung Sehat Desa Jango Tembus Pasar Luar Daerah.

Sejumlah produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Jango, Kecamatan Janparia, Lombok Tengah (Loteng) tembus pasar luar daerah.

BACA JUGA :   Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Momentum Untuk Memerangi Covid-19

Adapun produk aneka kuliner dibawah pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mekarsari Jango Maju itu diantaranya, aneka kue basah, abon dan berbagai produk lainya.

BACA JUGA :   Koramil 04/Nguntoronadi Dampingi Penyaluran BST

UPDATE CORONA

Ketua Kelompok UPPKS, Nurhayati menyatakan, semenjak Mewabahnya Covid-19 semua kegiatan sempat terhenti, akan tetapi dengan adanya program Kampung Sehat (Nurut Tatanan Baru) atau adaptasi kebiasaan baru yang telah diluncurkan, produktivitas kelompok kembali bangkit.

“Walaupun sempat terhenti, kami kembali mencoba membuat aneka kuliner untuk mendongkrak ekonomi masyarakat,” katanya, kemarin.

Ia menyatakan, untuk pemasaran produk kuliner ini, selain di toko-toko terdekat bahkan sampai keluar Daerah seperti di wilayah Makasar, Sumbawa, Bali. “Omset hasil jualan kuliner ini sekarang sudah mencapai puluhan juta dalam satu bulannya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan diminatinya produk kuliner ini, sekarang masyarakat juga saat ini berlomb-lomba untuk menghasilkan produk yang berdaya saing agar mampu menembus pasar luar daerah. Termasuk pada saat masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami juga pasarkan produk-produk unggulan UKM ini melalui online,” ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Jango Polsek Janapria, Brigadir Astan menyatakan, sejak dilouncingkan Lomba Kampung Sehat yang mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup Adaptasi Kebiasaan Baru membuat para pelaku industri atau kelompok-kelompok tani memiliki produktivitas yang lebih tinggi dari pada sebelum diterapkan Adaptasi kebiasaan baru.

“Dengan adanya Lomba Kampung Sehat, perekonomian masyarakat menjadi sangat terbantu, terlebih dimassa Pandi Covid-19,” jelasnya. (Rahmat Hidayat)