Bus Normal, Tidak Ada Antrean Panjang di Halte TransJ

oleh -7.201 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Ada pemandangan yang berbeda di Halte Bus TransJakarta Ragunan setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengembalikan kembali jam normal operasional armada. Tidak ada lagi antrean panjang penumpang seperti Senin kemarin.

pada Selasa (17/3/2020), suasana di halte TransJ Ragunan kembali kondusif dan berjalan normal. Halte tetap padat seperti biasanya namun tidak tampak antreean mengular seperti awal mula penerapan kebijakan transportasi umum pada Senin 16 Maret 2020.

Petugas melakukan pengecekan suhu.Petugas melakukan pengecekan suhu. Foto: Tiara Aliya Azzahra

Selain itu, seorang petugas berjaga di depan pintu masuk sambil membawa thermometer gun. Ia pun memeriksa suhu tubuh penumbang TransJ. “Pagi mohon maaf, pengecekan suhu tubuh dulu,” kata seorang petugas kepada penumpang yang hendak masuk halte pada Selasa (17/3/2020).

Di depan pintu masuk terdapat banner bertuliskan peringatan untuk menjaga jarak antar penumpang selama mengantre maupun pada saat menaikk TransJ. Dalam spanduk itu tertulis, “Lebih baik berderet di ruang terbuka dari pada berdesakan di dalam halte dan bus”. 

Selain itu, terdapat pula tulisan “Mohon selalu jaga jarak antrean minimal 1 meter antar pelanggan” serta peringatan untuk selalu menjaga kesehatan dan berpergian hanya jika diperlukan.

Penumpang diimbau tertib dan menjaga jarak antrean.

Ketika penumpang naik ke dalam bus, petugas halte memastikan tidak ada penumpang yang berdiri maupun berdesak-desakan. Hal ini selaras dengan imbauan yang terdapat di banner.

“Yuk, nggak boleh desak-desakan, mobil banyak tenang saja,” kata Petugas Halte kepada penumpang yang hendak menaiki TransJ.

Total armada yang disiapkan hari ini berjumlah 89 unit terdiri dari bus 6A dengan rute Ruganan- Monas via Kuningan, bus 6B rute Ragunan-Monas via Semanggi dan bus 6 Ragunan-Halimun serta bus 6N Ragunan-Blok M via Kemang. Armada bus akan datang setiap 1 menit sekali. Jumlah Armada yang dioperasikan berbeda dari jumlah pada senin (16/3) yang hanya sejumlah 25 bus. 

“6A, 6b polos kecuali 7E. Hari ini (armada yang disiapkan) 89. Beda sama kemarin. Per 1 menit mobil jalan nggak ada pelanggan berdiri, senggol-senggolan nggak boleh,” kata seorang petugas TransJ, Lukman, di Halte TransJ Ragunan.

Sementara itu, penumpang di Halte Puri Beta tidak ada antrean panjang. “Tidak ada antrean panjang,” kata petugas di Halte Puri Beta. Di lokasi, pertugas TransJakarta tidak melakukan pengecekan suhu tubuh dan hanya menyediakan hand sanitizer.

Sebelumnya antrean penumpang parah terjadi di Halte TransJ Tagunan, Jakarta Selatan pada senin pagi (16/3). Panjang antrean mencapai 20-30 meter. Rute yang beroperasi dari Halte TransJ pun hanya sampai di Halte Halimun, Setiabudi, Jakarta Selatan.(Dtc/Red)