Wakil Walikota Pekanbaru Sebut MTQ Sebagai Upaya mencapai Kota Yang Smart City Madani

oleh -9.201 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi S.Si membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-VII Tingkat Kelurahan Delima Kecamatan Tampan kota Pekanbaru tahun 2020 di Masjid Al Arsy Komplek Perumahan Widya Graha II pada Rabu (19/02/20).

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Tampan Dra. Liswarti, Lurah Delima M. Rizkiady Rambe S.STP, seluruh Lurah se Kecamatan Tampan, Dewan Hakim serta Dewan Juri Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Forum RT/RW, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, para peserta, dan warga sekitar.

Tema yang diangkat yaitu mari jadikan momentum MTQ sebagai sarana mewujudkan masyarakat berakhlak yang Qur’ani menuju smart city madani.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru mengapresiasikan pelaksanaan MTQ Tingkat Kelurahan Delima yang dilaksanakan dengan sangat meriah dan didukung antusias semua masyarakat.

“Kegiatan MTQ tingkat kelurahan ini merupakan pencarian bibit-bibit para kafilah dan Qori-Qori’ah yang telah membantu pemerintah kota Pekanbaru menuju visi misi Walikota Pekanbaru yakni mewujudkan smart city madani, sesuai tema yang digunakan,” Ujar Wawako.

Ia pun menyebut, pemahaman kota yang smart city madani itu ditandai dengan masyarakat yang berakhlak Qur’ani.

“Masyarakat berakhlak Qur’ani secara nilai-nilai agama yakni meyakini kepada Allah SWT yang telah diatur pada Pancasila, sila yang pertama yaitu ketuhanan yang maha esa.

Apa pun yang kita inginkan mintalah kepada Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa bukan kepada kepercayaan lainnya,” Tutup Wawako sembari mengatakan generasi penerus kedepannya pandai mengaji dan manfaatkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk diketahui, kegiatan MTQ di Kelurahan Delima tersebut menurut Camat Tampan Dra. Liswarti merupakan pelaksanaan yang kedua, sebelumnya di Kelurahan Tabek Gadang.

“Di setiap Kelurahan yang akan melaksanakan maupun telah melaksanakan Kegiatan MTQ, saya menekankan agar hal ini jangan menjadi rangkaian kegiatan seremonial saja, namun harusnya kita sebagai masyarakat dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita yang perlu kita amalkan,” Ujar Camat Tampan.

Menurut Camat, pentingnya membaca Al-Qur’an sebelumnya pemerintah kota Pekanbaru telah mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwako) tentang kewajiban setiap sebelum dan sesudah sholat Maghrib untuk membaca Al-Qur’an di masjid-masjid.

“Sampai saat ini kami diwilayah Kecamatan Tampan telah menerapkan ketentuan dari Perwako ini, tentunya saya menghimbau kepada masyarakat tampan agar bisa membudayakan membaca Al-Qur’an dengan memahami isi dan maknanya, artinya kita dapat mempedomani isi Al-Qur’an di kehidupan kita sehari-hari.” Ujarnya.

“Maka dengan pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan ini, tentunya dapat mencegah pergaulan bebas dan mengurangi aktifitas generasi muda dari hal-hal yang negatif, seperti pengunaan narkoba, balap liar, dan lain sebagainya yang dapat mengakibatkan tindakan kriminalitas,” Tutup Camat Tampan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan rebana oleh Wakil Walikota Pekanbaru yang didampingi oleh Istri, Camat Tampan, Lurah Delima dan perwakilan tokoh masyarakat. *(Mirza/Yudi)