13819 KALI DIBACA

Kelurahan Kampung Baru Miliki Konsep Program Keamanan Yang Handal Bagi Masyarakat

Kelurahan Kampung Baru Miliki Konsep Program Keamanan Yang Handal Bagi Masyarakat
example banner

Pekanbaru I Realitas – Kelurahan Kampung Baru Miliki Konsep Program Keamanan Yang Handal Bagi Masyarakat, Luar biasa, dalam menyatukan kebersamaan masyarakat serta membangun lingkungan yang aman dan nyaman, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan melaksanakan suatu terobosan.

Tahap demi tahap pembangunan Balai Pertemuan Pos Induk Kamtibmas yang bersebelahan dengan Kantor Kelurahan Kampung Baru merupakan satu – satunya inovasi unggulan yang belum pernah ada di wilayah kawasan pinggiran Sungai Siak kota Pekanbaru selasa 10/12/2019.

Ketika dijumpai di ruangan kerjanya, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S. Sos mengatakan konsep program pembangunan Balai Pertemuan Pos Induk Kamtibmas tersebut didapatkannya melalui salah satu proyek perubahan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan IV Tahun 2018 lalu.

Ia juga menyampaikan, di dalam Diklat Kepemimpinan IV tahun 2018 tersebut menghasilkan beberapa program jangka pendek serta jangka panjang yang telah dibuat dan direncanakannya dalam memberikan pelayanan keamanan yang maksimal kepada masyarakat sekitar.

“Untuk program jangka pendek telah kita laksanakan yaitu pembangunan Pos Ronda Terintegrasi di wilayah RW. 01 tepatnya di Jalan Kuras.

Yang mana sistem terintegrasi tersebut, para petugas jaga ronda dibekali alat komunikasi berupa Hand Talkie (HT) dalam mengawasi situasi keamanan pada siang maupun malam hari.

Sehingga dapat mengurangi tindak kejahatan yang akan terjadi nantinya,” Ujar Lurah.

Sedangkan program jangka panjang, rencana pembangunan Balai Pertemuan Pos Induk Kamtibmas menjadi pilihan utama bagi Lurah yang dikenal ramah oleh semua orang.

“Tujuan membangun Balai Pertemuan ini yaitu menyatukan bersama sikap kepedulian kita terhadap keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekitar khususnya wilayah di Kelurahan Kampung Baru.

Sehingga apapun permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik, karena balai ini nantinya tempat berkumpulnya para babinsa, babinkamtibmas, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Ketua RT, Ketua RW, LPM, dan juga Organisasi Massa yang bertujuan menjaga Kekompakan bersama masyarakat,” Ujarnya seraya mengatakan target pembangunan Balai Pertemuan tersebut selesai pada tanggal 20 Desember 2019.

Selain itu, Balai Pertemuan Pos Induk Kamtibmas ini juga tentunya akan menjadi produk unggulan bagi masyarakat di kampung baru, serta dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainnya di wilayah kecamatan Senapelan.

“Yang mana nantinya Balai ini juga akan dilengkapi dengan perpustakaan, hal ini diperuntukkan bagi masyarakat yang hobi membaca serta merangsang minat baca bagi anak – anak generasi muda menuju Indonesia maju dengan SDM yang Unggul sesuai misi Presiden RI Joko Widodo saat ini,” Urai Lurah Kampung Baru.

“Kedepannya kita juga nanti akan mengajak para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), agar dapat berperan serta memasarkan produksi rumah tangga yang berjenis makanan ataupun barang yang bermanfaat ketika ada kunjungan tamu undangan di Kantor Kelurahan kita ini,” Tambahnya.

Terkait pelayanan bagi masyarakat, kehadiran balai pertemuan tersebut lebih sangat terlengkapi karena Kelurahan Kampung Baru memiliki tempat komunikasi, solusi, dan pengaduan bagi masyarakat.

“Harapannya bagaimana masyarakat yang ada di kelurahan Kampung Baru ini dapat hidup tertib, aman, dan terjaga.

Maka melalui balai pertemuan pos ini, masyarakat harusnya lebih memiliki kepedulian, inisiatif dan proaktif terhadap lingkungan sekitar dalam menjaga keamanan,” Tutup Lurah Kampung Baru Yeni Erita S. Sos.

Ditempat terpisah, Amrul Muchtar sebagai tokoh masyarakat di Kelurahan Kampung Baru menyampaikan bahwasanya program yang telah disusun oleh Lurah beserta jajarannya, merupakan konsep membangun masyarakat menuju kehidupan yang aman dan tentram.

“Kegiatan ini perlu peran serta dan dukungan seluruh lapisan masyarakat sehingga menimbulkan respon positif bagi semua pihak.

Adapun tempat keberadaan balai ini sangat tepat, mengingat tata letaknya berdampingan dengan kantor pelayanan masyarakat,” Ujar Amrul.

Dalam menciptakan situasi yang kondusif, Amrul mengajak masyarakat agar selalu memperhatikan aktifitas generasi muda yang rentan akan pengaruh lingkungan.

“Mari kita awasi anak – anak kita dari pergaulan bebas, mengingat bahaya Narkoba selalu mengintai generasi muda saat ini, sehingga dapat menimbulkan kejahatan ditengah – tengah masyarakat,” Pesan Amrul Muchtar sembari meminta masyarakat agar menjaga bersama fasilitas – fasilitas yang ada di Balai Pertemuan Pos Induk Kamtibmas. (Mirza/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS