IDUL FITRI

Kapolres Abdya Pimpin Apel Siaga Bencana

oleh -16.489 views
Kapolres Abdya AKBP Moh Basori (kedua dari kanan) bersama Wabup Muslizar berbincang dengan tim siaga bencana Kabupaten di Blangpidie, Rabu (11/12/2019)

IDUL FITRI

Blangpidie Aceh I Realitas – Kapolres Abdya Pimpin Apel Siaga Bencana, Kapolres Aceh Barat Daya AKBP Moh Basori menyatakan upaya tanggap darurat serta pencegahan terhadap terjadinya bencana alam harus terus dilakukan oleh berbagai pihak sebagai upaya mengantisipasi potensi bencana di daerah.

“Kabar berita mengenai kejadian bencanapun telah menjadi suguhan rutin dari berbagai media di negeri ini. Tidak tertutup kemungkinan bahwa suatu saat masyarakat Abdya bisa menjadi korban dari bencana itu,” katanya di Blangpidie, Rabu, (11/12/2019).

Kapolres Moh Basori menyampaikan pernyataan tersebut saat dirinya membacakan teks sambutan Bupati Abdya di sela-sela kegiatan apel siaga bencana yang berlangsung di halaman kantor Setdakab setempat.

Dalam kegiatan apel siaga tersebut ikut hadir Wakil Bupati Abdya, Muslizar, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kabupaten, para Asisten Setdakab Abdya, kepala SKPK, Organisai masyarakat, organisai kepemudaan, LSM dan tamu undangan lain.

Menurut Kapolres, upaya tanggap darurat serta pencegahan bencana harus terus dilakukan dalam mengantisipasi potensi bencana di Kabupaten Abdya, agar dampak bencana dapat ditekan, sehingga kerusakan lingkungan akibat bencana yang kerap timbul dapat dikendalikan.

“Perlu dicatat bahwa tidak ada yang mampu menjamin daerah kita ini akan terbebas dari segala jenis bencana, baik itu bencana alam, bencana non-alam maupun bencana sosial,” katanya.

Apalagi, Kabupaten Abdya yang merupakan salah satu daerah dalam Provinsi Aceh yang memiliki potensi cukup besar terhadap berbagai macam bencana, baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri.

Oleh karena itulah sangat diperlukan membangun pemahaman, kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab semua pihak tentang pentingnya upaya penanganan bencana yang dimulai dari sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana.

Karena tanggung jawab penanggulangan bencana tidak hanya berada di atas pundak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), akan tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak dan seluruh masyarakat.

“BPBK tidak mungkin dapat bekerja sendiri. Mereka perlu kerjasama lintas instansi dan lintas sektor. Jika ada terjadi bencana besar, semua instansi terkait wajib membantu baik tenaga maupun segala fasilitas yang dibutuhkan, termasuk alat-alat berat,” katanya.

Ia juga mengatakan dengan adanya pelaksanaan apel siaga ini tentu tujuannya untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam upaya penanggulangan setiap terjadinya bencana, baik bencana banjir maupun lainnya.

Selain itu lanjutnya, apel siaga ini juga dalam rangka melakukan pengecekan kesiap-siagaan tim penanggulangan bencana yang tergabung dalam satgas siaga bencana Kabupaten Abdya serta untuk melihat kesiap siagaan peralatan, petugas maupun relawan.

“Kami berharap melalui apel ini kedepan tindak lanjut penanganan setiap permasalahan bencana akan semakin baik. Ada peningkatan kuantitas serta kualitas SDM bagi petugas maupun masyarakat peduli bencana di kabupaten kita ini,” demikian AKBP Moh Basori.

Sumber : Antara