16019 KALI DIBACA

Wakapolres Aceh Utara Hadiri Peresmian Tangki Timbun PT AMB, Tempat Ekspor CPO

Wakapolres Aceh Utara Hadiri Peresmian Tangki Timbun PT AMB, Tempat Ekspor CPO
example banner

Aceh Utara I Realitas – Wakapolres Aceh Utara Hadiri Peresmian Tangki Timbun PT AMB, Tempat Ekspor CPO, Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Mahyuzar, meresmikan Bulking Terminal Facility Pusat Logistik Berikat (PLB) PT Aceh Makmur Bersama (PT AMB), di Kompleks Pelabuhan Umum Krueng Geukueh, Aceh Utara, Senin, 11 November 2019, sore.

Bulking Terminal Facility merupakan tangki timbun minyak sawit mentah berkapasitas ribuan ton yang tersambung ke pipa sepanjang ratusan meter agar bisa diteruskan ke kapal pengangkut untuk diekspor ke luar negeri.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan launching pengapalan dan ekspor perdana minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) sekitar 6.000 metrik ton (MT) ke India.

Rencana awal, PT Aceh Makmur Bersama (AMB) melakukan pengapalan dan ekspor perdana lebih kurang 6.000 MT CPO melalui Pelabuhan Umum Krueng Geukueh menuju Pelabuhan Kandla, India, hari ini (Senin).

Namun, karena ada kendala, kapal dari Dumai, Riau, baru akan berlabuh di Pelabuhan Umum Krueng Geukueh, besok (Selasa) pagi, untuk mengangkut 6.000 MT CPO ke India.

Peresmian Bulking Terminal Facility PLB PT AMB sekaligus launching pengapalan dan ekspor perdana CPO itu dihadiri Ketua Kadin Aceh Muzakir Manaf, Kakanwil Bea Cukai Safuadi, Wakajati Aceh Muhammad Yusuf, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf, Wakapolres Aceh Utara Kompol Edwin Aldro, S.H, Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Ketua DPRK Lhokseumawe Ismail A. Manaf dan Wakil Ketua DPRK Irwan Yusuf, Wali Kota Langsa Usman Abdullah, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal, manajemen PT Pelindo I Cabang Lhokseumawe, unsur Forkopimda Aceh Utara dan Lhokseumawe, serta sejumlah kalangan lainnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Mahyuzar, menyampaikan rasa bangganya atas ekspor perdana CPO oleh PT AMB. Ekspor oleh AMB diharapkan akan meningkatkan kegiatan serupa di Kawasan Ekonomi Khusus Arun – Lhokseumawe. Karena berada di Selat Malaka yang dekat dengan dunia luar.

“Meningkatnya aktivitas perdagangan luar negeri atau ekspor seperti oleh PT AMB akan menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi,” terang Mahyuzar.

Untuk kedepannya, metrik ton crude palm oil (CPO) alias minyak sawit mentah akan diekspor ke India melalui Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara. (Trbt/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS